Kekurangan dan Kelebihan Mobil Proton


Kekurangan dan Kelebihan

Mobil Proton merupakan mobil produksi negara tetangga kita yaitu Malaysia. Malaysia memang bisa dibilang lebih maju daripada Indonesia dalam beberapa hal, salah satunya produksi mobil.

Proton sendiri pada awalnya merupakan hasil kerjasama Malaysia dengan perusahaan Jepang yaitu Mitsubishi. Mereka menggunakan teknologi yang dimiliki oleh perusahaan mobil Jepang itu. Namun itu hanya awalnya saja, saat ini teknologi yang digunakan adalah teknologi dalam negeri Malaysia sendiri.

Salah satu produk mobil yang terkenal dari Proton adalah Proton Exora. Mobil yang diproduksi sejak tahun 2009 ini merupakan jenis mobil MPV. Ini merupakan mobil MPV pertama buatan Malaysia. Selain dipasarkan di Malaysia, mobil ini juga dipasarkan di Indonesia. Tampilan mobil ini tak mengecewakan dan terlihat modern. Harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan mobil-mobil buatan Jepang. Kapasitas mesinnya adalah 1.597 cc. Fasilitas interior mobil ini juga baik banyak perlengkapan yang dipasang seperti fitur CD, radio, mp3, WMA, dan bluetooth.

Mobil asal Malaysia ini memiliki beberapa kelemahan dan kelebihan saat dikemudikan. Kelebihannya bahkan bisa melebihi mobil-mobil buatan Jepang. Misalnya saja masalah handling dan kenyamanan mobil pada trek bergelombang. Kekurangannya mungkin bahan interior yang digunakan tidak terlihat mewah. Walaupun terdapat kekurangan, tapi hal tersebut masih bisa ditutupi dengan kelebihan yang dimiliki. Harga mobil ini berkisar 150 juta rupiah ke atas tergantung pada tipenya juga.

Tak mudah untuk mengembangkan sebuah mobil nasional baik itu di Indonesia maupun Malaysia. Produsen mobil besar yang telah menguasai pasar tentu tak bisa dilawan dengan mudah. Meskipun dengan dasar nasionalisme, tetap saja pasar tidak bisa dipaksakan begitu saja menggunakan produk dalam negeri.

Membangun merk memang tidak mudah apalagi banyak pesaing yang berada dalam pasar mobil ini. Produsen Jepang menjadi pesaing yang sulit dilawan terlebih pada merk yang telah mereka miliki. Harga sebuah produk juga sangat bergantung pada merk. Kepercayaan atau loyalitas masyarakat pada sebuah merk kadang sulit untuk digoyahkan.

Sebagai sebuah merk mobil yang belum begitu terkenal, Proton sudah mampu menghadirkan mobil dengan kualitas yang lumayan. Pembangunan merk dan inovasi mobil Proton menjadi sangat penting agar sukses dalam industri mobil ini semakin gemilang.

Selanjutnya : Penelitian Bahaya Rokok, Temukan Tiga Zat Paling Berbahaya
Sebelumnya: Memahami Definisi ASFR sebagai Cara Pengukuran Angka Kelahiran
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar