Mobil-Mobil Roda Tiga Terbaik di Dunia


Inovasi, inovasi, dan inovasi, adalah “mantra” yang tiada henti-hentinya dalam dunia otomotif. Para produsen dan modifikator kini makin kreatif dengan ide mereka. Salah satunya yang kita bahas sekarang yakni mobil-mobil roda tiga yang benar-benar inovatif.

Kehadiran kendaraan roda tiga memang sudah ada sejak lama, namun yang menghadirkan konsep dan inovasi yang keren masih benar-benar jarang. Kini mobil dengan roda tiga dapat dikawinkan dengan mesin kapasitas besar, yang dapat menghasilkan tenaga yang benar-benar besar.

Selain itu, desain yang ditawarkan juga terbilang unik, perpaduan antara sepeda motor dan mobil itulah yang coba dipadukan dalam mobil roda tiga. Mesk demikian, semua keamanan dan kenyamanan juga benar-benar diperhatikan untuk hasil yang lebih maksimal. Apa sajakah mobil-mobil roda tiga terbaik dunia, langsung saja kita bahas:

1. Peugeot20cup

Konsep cantik Peugeot20cup diresmikan di Frankfurt motorshow 2005. Konsep 3 roda dirancang  dengan gaya Peugeot, yang dimaksudkan untuk menyediakan link yang hilang antara mobil dan sepeda motor. Ujung depan Peugeut20cup merupakan ciri khas dari Peugeot, kemudian konsep mengecil menjadi sepeda motor tertutup dengan side-by-side tempat duduk di roda belakang tunggal.

Peugeot 20cup adalah mobil dengan roda dua depan dan  roda satu di belakang. Mobil ini didukung mesin injeksi, turbocharged direct 4-silinder yang menghembuskan 170 tenaga kuda dan torsi sebesar 440 Nm.

2.  E. Rex

Rex roda tiga dirancang oleh pabrikan Silicon Valley startup OptaMotive. Rex E. Mempunyai kecepatan maksimal 231.75 km/jam dan keiritan bahan bakarnya sekitar 42.51 km/liter. Kemampuan akselerasinya 0-100 km/jam dalam hitungan kurang dari 5 detik.

Mobil sport ini mempunyai fitur ater-cooled permanent magnet yang dapat menghasilkan tenaga maksimal125 K. Baterainya terbuat dari 96 lithium-besi fosfat yang memiliki waktu pengisian ulang sangat singkat, yaitu hanya 2,5 jam dengan listrik 220V dan arus 20 ampere.

3. EV Torq

Dibuat oleh perusahaan Epic yang berbasis di California, “EV Torq” seperti namanya adalah sebuah mobil sport listrik yang berjalan dengan tiga roda (dua di depan dan satu belakang).

Membangkitkan listrik dari motor listrik 200hp didukung oleh 30 kWh lithium besi fosfat baterai, terletak di tengah, dua-seater fitur interior terbuka, yang mencakup tampilan dasbor digital, dua pemegang cangkir dan sistem hiburan di mobil.

Berdasarkan pendekatan minimal untuk desain dan rekayasa, kendaraan listrik menyajikan chassis yang agak terbuka sedikit tertutup, dimana salah satu bisa mengintip tanpa membukanya. “Torq EV” beratnya sekitar 771kgs, yang tampaknya sedikit lebih berat untuk kendaraan listrik roda tiga.

4. Rocket Blastotelene II

Rocket Blastotelene II merupakan ciptaan dari Brother Blastolene. Produsen desain kendaraan yang mengkhususkan diri dalam fabrikasi kendaraan. Rocket Blastolene II dikerjakan oleh Tim Cotterill, Brit yang berada di Santa Cruz, California.

Sebenarnya, Brother Blastolene  telah merancang sketsa awal untuk mesin ini ketika ia berumur 30 tahun. Namun karena terhalang dana, terpaksa dia menundanya. Setelah bisnisnya sukses, akhirnya dia memutuskan mengembangkan mobil super gila ini.

Pekerjaan Blastolene Rocket II dimulai pada tahun 2006, dan membutuhkan waktu tiga tahun menyelesaikan. Rocket Blastolene II memulai debutnya di 2009 Grand National Roaster dan memenangkan gelar “Best Engineered”.

Rocket Blastolene II  memiliki tenaga hingga 1000 Hp dengan shoehorned 1.225 kg (2.700 lb), yang mampu menembus kecepatan hingga 200 mph.

5. Volkswagen GX3

Volkswagen GX3 yang memulai debutnya di Los Angeles Motor Show 2006 merupakan sebuah mobil masa depan Volkswagen.

Ide awalnya adalah untuk menciptakan sebuah kendaraan kultus klasik, seperti VW Beetle.

GX3 ini diberuntukan untuk pembeli yang lebih muda, dan konsep memiliki lebih banyak kesamaan dengan sepeda motor dibandingkan mobil sport. Dengan tata letak 3 roda, dan didukung oleh mesin 1.6 liter 4 silinder, GX3 mampu mencapai 60 mph hanya dalam 5,7 detik.

Dirancang di California oleh tim Moonraker dan Desain VW pusat, Volkswagen GX3 berharap bisa menjadi kultus klasik kontemporer, seperti Beetle asli dan Microbus pada zaman mereka.

6. Venture One

Mobil  Ventura One  merupakan mobil roda tiga yang memiliki konsep yang unik, yang dirancang pabrikan Venture yang bermarkas di Los Angeles. Ventura One  hadir dalam dua pilihan, yaitu Basic HEV, dan high-performance PHEV yang  dilengkapi berbagai jenis aksesoris interior modern. Mobil ini mempunyai keiritan bahan bakar 42.51 km/liter dan mempunyai kecepatan maksimal lebih dari 160 km / jam, tidak diragukan lagi bahwa mobil ini akan lebih tangguh di masa depan.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk memilikinya? Kendaraan di atas hanyalah beberapa dari ratusan mobil dengan tema roda tiga.  Mobil roda tiga diciptakan untuk memberikan sensasi berbeda saat berkendara. Karena menggabungkan antara mobil dan sepeda motor.

Jadi, secara konkret, Anda akan menikmati sensasi naik mobil sekaligus sepeda motor di kendaraan ini.

Walapun mobil roda tiga masih terbilang kalah pamor dengan kendaraan roda dua atau empat, namun banyak orang yang ingin memiliki kendaraan ini. Alasannya pun bermacam-macam ada yang menjadikan barang koleksi, kendaraan bersantai, mobil balap, bahkan agar tampil beda. Mungkin di Indonesia kendaraan roda tiga ini belum terlalu terlihat di jalanan, namun semoga saja mobil-mobil diatas menjadi salah satu pilihan Anda  di masa yang akan datang. Semoga informasi ini bermanfaat.

Selanjutnya : Mobil Konsep Ramah Lingkungan di Sekitar Kita
Sebelumnya: Mobil-Mobil Terlaris dan Paling Populer di Dunia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar