Kredit Usaha Rakyat( KUR) Modal Usaha dari Pemerintah

Modal usaha dari pemerintah diberikan kepada masyarakat Indonesia yang mau medirikan usaha. Mau membuka usaha? Tentu saja butuh modal, apapun jenis usaha yang Anda jalankan harus memiliki modal. Besar kecilnya modal tergantung jenis usaha dan cara perhitungannya. Banyak para pengusaha yang tidak dapat mengembangkan usahanya karena keterbatasan modal.

Untuk mengatasi masalah tersebut pengusaha harus lincah dan gesit mencari informasi pinjaman dana. Sebenarnya cukup banyak program pinjaman dari pemerintah, khususnya untuk usaha kecil danĀ  menengah, institusi yang menyediakan dana usaha seperti: Departemen Pertanian, Kementrian koperasi, Departemen Kehutanan dsb. Ada juga BUMN yang memberikan bantuan khusus untuk usaha besar dan kecil.

Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Salah satu program pemerintah adalah Kredit Usaha Rakyat (KUR), berupa bantuan Kredit Modal Kerja (KMK) dan bantuan Kredit Investasi (KI). Tujuan KUR adalah agar dapat meningkatkan akses pembiayaan perbankan dan menjangkau usaha kecil dan menengah dan mengembangkan sektor riil dan memajukan pemberdayaan UMKM.

Dalam program ini terdapat tiga pilar penting dalam pelaksanaannya yaitu pemerintah, Bank Indonesia dan departemen teknis, seperti: departemen kehutanan, departemen perikanan, keuangan, perindustrian, koperasi, pertanian dan UKM.

Syarat dan Ketentuan KUR

Bagi Anda yang ingin mendapatkan modal usaha dari pemerintah, berikut caranya.

1. Usaha Anda merupakan usaha produktif misalnya: usaha makanan (rumah makan), kerajinan rumah tangga, salon dan perawatan kecantikan dsb.

2. Dokumen legalitas, yaitu:

  • Identitas pribadi: Kartu Keluarga, KTP
  • Dokumen usaha : akta pendirian atau akta perubahan
  • Perizinan usaha : SIU, SK Domisili dsb.
  • Laporan keuangan usaha
  • Salinan bukti agunan

3. Jika syarat-syarat sudah terpenuhi, Anda bisa datangi bank yang menyalurkan KUT seperti: BRI, BNI, BTN, Bank Syariah Mandiri, Bank Syariah, Bank Bukopin.

Agar proses peminjaman KUR dapat berjalan lancar, perhatikan beberapa hal seperti berikut.

  • Anda tidak sedang memiliki pinjaman dengan KUR dengan bank lain.
  • Pastikan usaha yang Anda jalani sudah berjalan minimal enam bulan, bukan masih dalam konsep atau rencana.
  • Pastikan usaha yang Anda jalani sehat, artinya membawa keuntungan dan memiliki prospek yang bagus.
  • Siapkan agunan atau jaminan pinjaman

Demikian informasi mengenai KUR modal usaha dari pemerintah yang bisa Anda coba, untuk info lebih lanjut Anda bisa mendatangi Bank yang menyalurkan dana pinjaman. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Mengenal Legenda Kerajaan Pajajaran
Sebelumnya: Asal Usul Kabupaten Pati
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar