Model Baju Melayu Modern Perempuan


Model baju Melayu modern perempuan adalah model baju yang mungkin dicari oleh perempuan dari Malaysia atau Indonesia. Baju melayu sendiri sebenarnya merupakan baju tradisional yang diperuntukkan untuk laki-laki di Malaysia. Baju tersebut terdiri atas baju panjang, celana, dan kain songket. Sementara untuk perempuan adalah baju panjang polos dengan celana ataupun rok. Baju tersebut biasanya hanya memiliki kancing di bagian atas saja, sedang bawahnya polos tanpa motif apa pun.

Baju Melayu Modern

Baju tradisional Malaysia untuk kaum perempuan dikenal dengan baju kurung. Baju kurung tampak sederhana dengan baju lengan panjang dan juga rok panjang. Ada sedikit hiasan di bagian bawah leher dan juga bagian bawah baju. Di Malaysia sendiri, baju kurung ada beberapa jenis, di antaranya baju kurung cekak musang dan baju kurung teluk belanga.

Seiring perkembangan zaman, model baju kurung mengalami perubahan juga. Beberapa ada yang menambahkan sulaman atau manik-manik. Selain itu, bahan baju kurung juga bisa bervariasi, mulai dari sutra, satin, linen, batik, dan lain-lain. Variasi baju kurung tersebut saat ini disebut dengan baju kurung modern. Selain di Malaysia, jenis baju ini ternyata juga disebarkan ke negara lain seperti ke Indonesia.

Wanita melayu, khususnya ibu-ibu, banyak yang senang menggunakan baju terusan atau baju panjang yang bermotif bunga-bunga. Motif bunga-bunga akan tampak ramai kelihatannya, namun akan serasi jika dipadukan dengan jilbab berwarna polos. Para remaja sebenarnya lebih leluasa dalam memilih model yang mereka sukai. Jika tak suka menggunakan rok, mereka bisa menggunakan celana panjang atau bahkan celana pendek. Tapi untuk acara-acara tertentu, pakaian tradisional masih sering dipakai seperti pada acara pernikahan atau acara keagamaan.

Memakai baju tradisional kadang memiliki kebanggaan tersendiri. Model pakaian tradisional juga tak akan tampak kuno karena saat ini sudah banyak yang mengembangkan model pakaian tradisional yang modern. Wanita zaman sekarang memang selalu memerhatikan fashion dan tak ingin ketinggalan zaman. Tapi jati dirinya sebagai anak Melayu tak bisa dilepaskan. Model baju Melayu modern perempuan menjadi baju pilihan bagi wanita-wanita Melayu masa kini.

Selanjutnya : Penampakan Nyi Roro Kidul Terekam oleh Media
Sebelumnya: Obat Herbal Vertigo dan Penyebabnya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar