Model Baju Pesta Orang Arab Modern


Pasti di antara pembaca artikel ini ada yang pernah melihat model baju pesta orang Arab, baik sekedar melalui tayangan televisi, gambar di majalah, ataupun melihatnya langsung saat berkunjung di Arab Saudi. Seperti yang sering digambarkan tentang kebudayaan Arab Saudi, orang-orang Arab selalu mengenakan pakaian tertutup, terutama untuk yang berjenis kelamin perempuan. Sebagai pusat kebudayaan Islam dunia, bangsa Arab sangat memerhatikan betul cara berbusana sesuai kaidah ke-Islaman.

Pakaian Orang Arab

Pakaian yang dikenakan laki-laki umumnya berbentuk jubah sepanjang mata kaki. Ada pula yang menggunakannya sepanjang lutut dan dipadankan dengan celana berpotongan lebar dengan karet serut di pinggang. Berkerah bulat dan sebagian besar menggunakan bahan katun sebagai bahan utama pakaiannya.

Untuk perempuan Arab, menggunakan gamis yang panjangnya melebihi mata kaki. Bahkan ada yang sampai menutupi seluruh punggung kakinya. Umumnya berwarna hitam atau berwarna-warna gelap lainnya dan tidak bercorak. Sebagai pelengkap berbusana, perempuan Arab menggunakan cadar setiap hari dan hanya dibuka di hadapan para muhrimnya saja.

Tampaknya pakaian yang digunakan orang-orang Arab sangat sederhana. Namun, seiring perkembangan zaman, orang-orang Arab modern mulai berkreasi dalam merancang baju. Terutama baju-baju yang digunakan dalam perhelatan-perhelatan khusus atau acara pesta.

Orang Arab asli tetap akan mempertahankan identitas ke-Islamannya dengan sekali pun mengenakan baju untuk berpesta. Hanya saja, tampilannya dibuat lebih mencolok dari baju yang biasa digunakan sehari-hari. Untuk perempuan misalnya, baju pesta yang digunakan adalah gamis atau abaya dengan bordiran benang emas. Bisa pula dirancang dengan aksen sulaman payet atau mani-manik bertumpuk di beberapa bagian baju. Hasilnya, gamis atau abaya terlihat lebih modern dan tetap menutupi aurat perempuan.

Untuk laki-laki Arab, baju pesta yang digunakan bisa berupa jubah dengan bordiran di lengan dan di leher. Bisa pula mengenakan kemeja, jas, dan celana panjang. Sebagai pelengkap dalam berbusana, laki-lakinya akan mengenakan semacam sorban bercorak variatif, ataupun topi-topi khusus laki-laki yang dirancang mengerucut seperti kubah mesjid.

Demikian informasi seputar model baju pesta orang Arab modern. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Jumlah Warga Indonesia–Menjelajah Dunia
Sebelumnya: Contoh Lagu Daerah Jawa
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar