Model Pembelajaran Tematik di TK


Model pembelajaran tematik di TK merupakan model pembelajaran yang sering digunakan untuk anak-anak. Model tematik merupakan model pembelajaran yang menggunakan tema tertentu sebagai bahan pembelajarannya. Model pembelajaran ini dirasa mampu lebih dimengerti oleh anak-anak karena menggunakan contoh dari lingkungan sekitar anak. Metode ini juga cukup lengkap dalam membangun pola pikir anak dari berbagai sudut pandang. Pola pikir dan perkembangan otak anak akan distimulasi dengan mempelajari berbagai hal melalui suatu tema pembelajaran.

Karakteristik Pembelajaran Tematik

Model pembelajaran tematik ini memiliki beberapa karakteristik. Karakteristik tersebut antara lain sebagai berikut.

  • Student centered atau anak yang menjadi subjek belajar.
  • Akan memberikan pengalaman langsung kepada para siswa.
  • Dapat mengoptimalkan pola pikir anak secara lengkap dengan memanfaatkan semua panca indra.
  • Dalam sebuah pembelajaran, konsep yang diberikan berasal dari berbagai bidang.
  • Fleksibel, guru dapat menentukan tema apa pun yang dinilai dekat dengan dunia anak.
  • Prinsip yang digunakan adalah belajar sambil bermain serta menyenangkan.

Tema yang digunakan untuk pembelajaran di TK tentu tema-tema yang ringan dan dekat dengan anak. Misalnya adalah tema tentang kebersihan lingkungan. Tema ini bisa diajarkan di dalam kelas ataupun di luar kelas. Guru yang mengajarkan akan memberikan pengertian tentang manfaat kebersihan lingkungan tersebut.

Anak-anak juga diajarkan untuk membuang sampah pada tempatnya. Selain itu, sampah yang ada di sekitar, meskipun bukan miliknya, juga bisa dibuang ke tempat sampah. Setelah membuang sampah, anak-anak mencuci tangan mereka. Selanjutnya, guru bisa memberikan pengertian kebersihan dan juga tentang sampah.

Tema-tema lain yang bisa diajarkan pada anak TK misalnya adalah tema tanaman. Anak-anak dikenalkan tentang tanaman yang ada di sekitar mereka. Tak perlu membawa tanaman dari rumah, tanaman di dalam lingkup TK juga bisa diajarkan kepada anak-anak. Tanaman tersebut nantinya bisa juga dijadikan objek untuk menggambar atau menyanyi tentang tanaman.

Guru TK diharapkan dapat kreatif dalam menerapkan model pembelajaran kepada murid-muridnya. Pendekatan kepada anak kecil tentu berbeda dengan pendekatan kepada anak remaja. Model pembelajaran tematik di TK adalah salah satu model pembelajaran yang baik dilakukan.

Selanjutnya : Obat untuk Mata Bayi yang Belekan
Sebelumnya: Puisi Bahasa Jawa Cinta
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar