Modif Matik Bikin Motor Makin Cantik

Modif matik secara prinsip sebenarnya tidak berbeda dengan modif motor “gigi” atau kopling. Permainan stiker cutting cantik dengan konsep “lidah api” atau kepala tengkorak tampaknya masih diminati terutama bagi kawula muda.

Selain itu, konsep metal, cadas, dan tangguh juga disukai. Tetapi, secara keseluruhan bagian inti dari modifikasi motor adalah detail, kerapian, eye cacthing, gaya, dan speed. Artinya, sebuah motor matik yang sudah dimodif akan enak dilihat dan memiliki speed yang normal tidak overspeed.

Kalau ingin memodif motor matik, ada banyak sekali referensi yang bisa diambil seperti halnya dari majalah otomotif dan menanyakan langsung ke bengkel modif. Saat ini, perlombaan dan kontes modif motor matik terus digelar di sejumlah kota-kota besar Indonesia.

Penilaian juri kontes biasanya melihat aspek kreatifitas dan harmonisasi peserta mulai dari body, ban, knalpot, jok, spion, airbrush, racing, velg, lampu, extreme MEFRIK, dan helm. Istilah MEFRIK kata para builder modif adalah akronim dari modern, estetika, fungsional, rasional, inovasi, dan kreasi.

Dahulu orang mungkin memandang sebelah mata motor matik. Kini, motor ini tidak hanya menjadi tunggangan kaum hawa melainkan kaum adam, remaja, bahkan anak-anak sekalipun menyukainya. Produk matik yang disukai orang muda tidak berbatas pabrikan Mio saja, melainkan dari motor-motor matik lainnya seperti Honda, Suzuki, Kawasaki, dan Piaggio.

Safety riding modif matik mutlak diperlukan. Modif cantik motor tetapi malah tidak membuat aman si pengendara malah justru tidak baik. Rawatlah motor matik yang sudah dimodif karena kondisi bentuk dan sparepart sudah berubah. Hal ini menyebabkan motor bukan lagi dalam standard, melainkan sudah menjadi motor baru.

Selain itu, ada kesalahan pengendara sepeda motor yang sering dilakukan seperti ketika saat menanjak. Pada saat bukaan gas sedang besar, rem jangan ditahan. Lebih baik gas dikecilkan, jangan gas dipacu, rem ditahan, ini berbahaya sekali terutama bagi motor matik. Kalau motor kopling, koplingnya akan hancur.

Tips yang disampaikan dari bengkel-bengkel modif motor. Pikirkanlah dahulu sebelum melakukan modif matik. Pikirkanlah dahulu sebelum memodif terutama ketika akan mengganti body, knalpot, stang, spiong, jok, shock breaker, ban, dan lain sebagainya. Jangan sampai Anda sudah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit tetapi hasilnya malah tidak setimpal.

Loading...
Selanjutnya : Cara Tepat Mengatasi Perih Saat Kencing
Sebelumnya: Kata Bijak pada Seorang Sahabat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar