Modifikasi Kebaya Modern dan Cara Merawat atau Mencuci Kebaya


Kebaya adalah baju perempuan bagian atas dan berlengan panjang. Dipakai dengan menggunakan kain panjang.  Sedangkan modifikasi kebaya modern merupakan kreasi mengganti atau mengubah bentuk kerah dan lengan agar tampil lebih simpel.

Kebaya

Kebaya tradisional umumnya berkerah seperti syal dan bundar. Kebaya modern berkerah dan bagian dada sedikit berkerut (yoke) dengan kancing tegak.

Barangkali sebagian besar perempuan pernah mengenakan kebaya sekurang-kurangnya sekali dalam seumur hidup. Baik itu untuk keperluan acara pernikahan, pesta, wisuda atau menghadiri acara-acara formil.Perempuan yang mengenakan kebaya terlihat lebih cantik dan anggun jika serasi.

Tetapi, ada juga yang memakai baju kebaya transparan sehingga (maaf) bra-nya kelihatan. Belum lagi bagian (maaf) belahan dada. Jangan paksakan kebaya yang tidak sesuai dengan tubuh. Apalagi sampai mengorbankan menggunakan lengan terbuka dan dandanan make-up yang menor (berlebihan).

Dahulu kebaya menggunakan paduan motif kain jarit (kain batik panjang-biasa dipakai untuk menggendong). Masyarakat Sunda menyebutnya samping. Kebaya modern sekarang lengannya berbentuk seperempat dan berbelah.

Keistimewaan baju kebaya, baik itu tradisional maupun modifikasi kebaya bergaya modern. Kebaya tetaplah sebuah pakaian yang menunjukkan sisi khas Indonesia. Fashion kebaya yang utama harus disesuaikan dengan bentuk tubuh.

Sedangkan harga kebaya sangat bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Satu hal mengapa kebaya terus berkembang lantaran kebaya tidak mengenal musim. Artinya, pakaian ini sudah menjadi suatu “kewajiban” dalam menghadiri acara-acara formal dan non-formal.

Kebaya selama ini yang dikenal di luas masyarakat adalah jenis kebaya pesta, kebaya bordir, kebaya Kerawang, kebaya batik, kebaya wisuda, kebaya pengantin, kebaya payet, kebaya encim, kebaya satin, kebaya sutra, kebaya Kartini.

Karena kebaya bukan pakaian sehari-hari melainkan sebuah busana yang dikenakan pada acara-acara tertentu. Maka cara merawat atau mencuci kebaya tidak habis pakai lalu dicuci.

Lebih baik dengan cuci kering mengingat bahan kebaya yang mudah rusak seperti lace, silk, chiffon, tulle. Jangan jemur kebaya di bawah terik matahari. Jangan simpan kebaya terus-menerus selain bau, kebaya akan tampak kusam.

Jika Anda mengenakan kebaya, sesuaikan dengan bentuk tubuh dan warna kulit. Jangan sampai kebaya membuat Anda tampil kuno.

Modifikasi kebaya bisa dilakukan pada bagian kerah, lengan, warna, bentuk, cutting. Saat ini modifikasi kebaya modern sudah mengarah kepada ranah yang lebih luas yakni kebaya muslim yang dipadu-padankan dengan jilbab dan hijab.

Selanjutnya : Cara Membuat Surat Pemberitahuan
Sebelumnya: Semua Tentang Pencemaran Lingkungan Dan Efeknya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar