Ciri-ciri Mollusca Biologi Kelas 10


Materi tentang mollusca biologi kelas 10 membahas ciri-ciri hewan bertubuh lunak. Selain itu, dalam materi ini dibahas pula tentang cara reproduksi dan pembagian kelas yang termasuk ke dalam mollusca.

Mollusca

Salah satu ciri utama hewan yang bernama mollusca ini tentu saja tubuhnya yang lunak sesuai dengan namanya. Kata mollusca yang menjadi nama hewan ini mengambil kata mollis yang artinya lunak. Sebab itu yang menjadi ciri hewan-hewan mollusca memang bertubuh lunak. Tubuh mollusca terbagi ke dalam tiga bagian utama, yaitu massa visera, mantel, dan bagian kaki.

Bagian kaki tentu saja sebagai alat utama hewan bertubuh lunak ini untuk bergerak, sementara bagian massa visera merupakan tempat bertumpunya organ bagian dari hewan ini. Seluruh organ utama untuk menopang kehidupan yang termasuk organ dalam, ada di dalam bagian massa visera ini. Bagian mantel merupakan sebuah alat perlindungan, sekaligus di dalam bagian mantel ini terdapat bagian anus dan insang.

Jika dilihat dari alat pernapasannya, tidak semua mollusca menggunakan insang sebagai alat pernapasannya. Karena insang ini hanya dimiliki oleh mollusca yang hidup di perairan, sementara mollusca yang hidup di darat, cara bernapasnya menggunakan paru-paru semu yang sebenarnya berupa rongga mantel yang didalamnya terhadap rongga dengan pembuluh darah.

Rongga dengna pembuluh darah ini yang berfungsi sebagai paru-paru. Untuk melindungi organ tubuhnya, hewan bertubuh lunak ini secara umum dilindungi oleh semacam cangkang yang terdiri atas zat kapur.

Cara makan hewan mollusca memanfaatkan struktur jaringan yang berfungsi, seperti lidah. Namun, berbeda dengan hewan vertebrata, lidah mollusca justru memiliki gigi seringga. Lidah ini berfungsi sebagai alat pengambil makanan sekaligus sebagai alat penghancurnya.

Mollusca makan hewan yang lebih kecil seperti udang, ganggang, bahkan mollusca lain yang tubuhnya lebih kecil. Hewan mollusca secara umum lebih banyak hidup di laut, namun bisa dijumpai pula di dalam air tawar dan di daratan. Seperti telah disebutkan sebelumnya, ada perbedaan antara mollusca yang hidup di air dan yang hidup di daratan.

Lalu, bagaimana cara reproduksi mollusca? Mollusca melakukan reproduksi secara seksual, artinya ada mollusca jantan dan betina.

Berbeda dengan hewan lainnya yang reproduksinya secara seksual, mollusca ini justru ada mollusca jantan dan betinanya yang hidup di dalam satu rumah yang sama, dan ada pula yang berbeda rumah atau berumah dua. Itulah materi tentang mollusca biologi kelas 10. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Bahaya Narkoba Bagi Remaja
Sebelumnya: Moladerm Cream untuk Bayi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar