Berbagai Monyet Hitam Kecil dari Asia Tenggara

Monyet hitam kecil adalah monyet yang identik dari jenis lutung. Jenis-jenis monyet yang berukuran kecil terdiri dari jenis lutung, kera ekor panjang dan surili. Monyet adalah hewan yang paling mirip dengan manusia. Ia biasa hidup bergelantungan di pohon dan memakan buah serta tumbuh-tumbuhan. Salah satu monyet jenis ini yang berasal dari Indonesia yang kini terancam punah adalah lutung.

Nama latinnya adalah Trachypithecus auratus dan tersebar merata di Asia Tenggara seperti di pulau-pulau di Indonesia hingga Thailand dan juga di vietnam. Hewan ini lebih banyak beraktivitas pada siang hari dan beraktivitas dengan berkelompok. Makanan utamanya adalah tumbuhan dan buah-buahan serta serangga yang banyak ia dapatkan dari hutan tempat tinggalnya.

Loading...

Lutung dan Kera Ekor Panjang

Monyet hitam kecil ini mudah dikenali karena bentuk fisiknya. Warna bulu yang hitam legam serta di kepalanya ada jambul yang membuatnya terkesan unik dan khas. Sedangkan anak lutung memiliki warna yang berbeda dengan yang dewasa karena mempunyai warna bulu coklat keemasan. Lalu ketika ia berumur satu tahun akan berubah warnanya menjadi hitam.

Berbeda dengan lutung yang biasa hidup di alam liar hutan, monyet ekor panjang cenderung lebih akrab dengan manusia. Ia biasa dijadikan sebagai tokoh dalam topeng monyet yang dilatih khusus oleh seorang pelatih untuk menirukan berbagai adegan aktivitas manusia. Hewan ini adalah hewan jenis primata genus asli dari Asia Tenggara.

Untuk populasinya merata di Asia Tenggara terkecuali di Papua. Hidupnya biasa berkoloni serta mempunyai wilayah kekuasaan atau teotorial. Monyet ekor panjang mempunyai populasi yang sebagian besar hidup di alam liar. Dunia modern saat ini menjadikan hewan ini sebagai salah satu hewan yang digunakan dalam dunia kedokteran untuk dijadikan sebagai eksperimen. Hal ini dikarenakan struktur organ primata ini mirip dengan manusia.

Monyet Asli Indonesia

Monyet lain yang juga berukuran kecil ialah Surili yang bernama latin Presbytis mitrata. Monyet ini adalah monyet asli dari Indonesia. Populasinya tersebar di berbagai hutan di Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Bali. Mempunyai bentuk yang lebih kecil jika dibandingkan dengan lutung.

Namun dilihat secara sekilas memiliki bentuk yang mirip dengan lutung. Selain itu bulu surili berwarna abu-abu serta di bagian dadanya berwarna putih yang bersih. Itu adalah Surili dewasa sedangkan untuk Surili anak-anak mempunyai warna merah yang keemasan. Ekornya panjang dan memiliki fungsi sebagai penyeimbang pada saat bergelantungan pada dahan pohon.

Itulah beberapa monyet hitam kecil yang hidup di Indonesia dan juga tersebar di Asia Tenggara dan kini hidupnya mulai langka. Semoga hingga kelak monyet-monyet tersebut akan tetap terjaga dan terpelihara kelestariannya dari bahaya kelangkaan.

Loading...
Selanjutnya : Contoh Cara Menghemat Energi
Sebelumnya: Nama Tokoh Kartun Popeye
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar