Motif Batik Parang Rusak dari Jawa Tengah

Di Indonesia banyak terdapat pengrajin batik. Pengrajin batik dari Solo, Pekalongan, Yogyakarta, dan daerah-daerah lain. Motif batik pun bermacam-macam, diantaranya adalah motif batik parang rusak dari Jawa Tengah.

Berikut ini akan dijabarkan mengenai motif-motit batik.

1. Motif Batik Parang Rusak Barong

Motif ini dikatakan sebagai parang rusak barong, berasal dari kata batu karang danĀ  juga singa. Motif batik ini tidak sembarang motif, karena motif batik tersebut, termasuk motif batik yang paling agung, dan hanya boleh digunakan oleh raja.

Motif batik prang rusak barong ini pada mulanya diciptakan oleh Sultan Agung Hanyakrakusuma. Pada waktu itu, sultan ingin sekali mengekspresikan pengalaman jiwa sultan yang pada saat itu sebagai raja. Sultan ingin mengekspresikan pengalamannya dengan tugas serta kewajibannya yang harus dijalankan oleh sultan. Selain itu juga sebagai wujud kesadaran sebagai mahluk yang sangat kecil, di hadapan seluruh pencipta alam raya.

2. Motif Batik Cuwiri

Motif batik cuwiri adalah motif batik yang digunakan pada saat memperingati tujuh bulanan bayi. Cuwiri sendiri berarti kecil-kecil. Sehingga diharapkan bayi tersebut nantinya akan dihormati dan terlihat pantas di depan masyarakat umum.

3. Motif Batik Garda

Disebut sebagai motif batik garda, dikarenakan motif ini berasal dari garuda. Garuda dikenal sebagai burung yang besar dan mempunyai kedudukan yang penting. Garuda dalam masyarakat Jawa digunakan sebagai simbol kehidupan dan kejantanan.

4. Motif Batik Kawung

Kawung sendiri diartikan sebagai usaha atau pun keinginan yang keras. Dengan keinginan keras tersebut pastilah membuahkan hasil. Hal ini berlaku banyak hal termasuk pekerjaan.

Orang yang bekerja dengan keras, pasti akan membuahkan hasil. Meskipun hasil tersebut diperoleh dalam waktu yang lama atau pun cepat. Namun yang perlu ditekankan, selain sikap kerja keras, sikap lain seperti cermat, tidak boros, dan teliti juga harus ditanamkan.

Itulah jenis batik yang ada di Indonesia selain motif batik parang rusak dari Jawa Tengah. Pada dasarnya, semua batik mempunyai makna yang sama, dan digunakan untuk hal yang sama. Karena motif itu sendiri mengandung suatu makna.

Loading...
Selanjutnya : Pengolahan Batu Berharga Dengan Cara Tradisional
Sebelumnya: Hormon yang Mempengaruhi Perubahan pada Anak Laki-laki
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar