Cara Menumbuhkan Motivasi Siswa untuk Belajar


Belajar merupakan satu keharusan yang dilakukan para penuntut ilmu. Dengan belajar, siswa mampu memahami pelajaran dengan maksimal. Oleh karena itu, setiap pengajar berusaha mendorong motivasi siswa untuk belajar supaya siswa tidak mudah menyerah ketika menjumpai kesulitan saat menekuni satu bidang ilmu. Ketika siswa sudah tidak memiliki motivasi belajar, maka sudah dapat diprediksi bahwa dia tidak akan memahami satu mata pelajaran.

Sebagai contoh, seorang siswa yang mempelajari matematika. Pelajaran ini memang tidak bisa disepelekan. Banyaknya rumus yang harus dihafal siswa tentu membuat mata pelajaran ini mempunyai tingkat kesulitan tersendiri. Jika saja siswa yang mempelajari matematika tidak memiliki motivasi untuk terus mendalami bidang studi ini, maka dengan satu soal rumit saja ia akan menyerah.

Namun, akan lain ceritanya jika dibandingkan siswa yang memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar matematika. Sesulit apa pun soal yang diberikan, ia tidak akan menyerah begitu saja. Hal ini dikarenakan motivasi untuk menguasai materi yang besar sehingga ia tetap konsisten bahkan semakin giat belajar walau mengalami kesulitan.

Para guru juga sudah seharusnya mengendus gelagat malas para siswa yang mulai kehilangan motivasi belajar. Jika siswa sudah terlihat bermalas-malasan, guru perlu memberikan treatment berupa nasehat dan arahan supaya siswa kembali menumbuhkan motivasinya. Guru dapat menyampaikan bahwa matematika merupakan pengetahuan dasar yang akan sangat berguna bagi dirinya kelak.

Menumbuhkan motivasi belajar memang bukan hal yang mudah. Tanpa kemauan dari diri sendiri, siswa akan sering merasa kehilangan arah atau jenuh mengikuti pelajaran. Kalau sudah begini, tugas para guru akan lebih berat yaitu menstimulus siswa untuk menemukan kembali motivasinya. Salah satu penyebab hilangnya motivasi belajat siswa adalah situasi dan metode pembelajaran yang itu-itu saja.

Jika dari awal guru mengenalkan materi dengan tidak menarik, maka siswa juga tidak akan tertarik untuk mendalaminya. Untuk itu, inovasi metode pembelajaran dan menciptakan situasi yang menyenangkan dapat menumbuhkan motivasi untuk siswa. Jika tadinya guru hanya menyampaikan materi secara konvensional, maka tidak ada salahnya jika guru mulai melirik media pembelajaran yang kreatif untuk mengndang atensi para siswa.

Demikian cara menumbuhkan motivasi siswa untuk belajar. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Sisi Negatif Menikahi Janda
Sebelumnya: Gatal Alergi pada Kulit
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar