Motto Hidup Muslim


Motto hidup muslim adalah ikrar sekaligus penyemangat berupa kata-kata yang akan membuat pemilik motto tersebut menjadi lebih semangat dan memandang kehidupan dengan positif. Untuk umat beragama sendiri, tentu ada garis-garis yang telah ditetapkan agama tentang bagaimana seorang penganut agama tersebut menyikapi kehidupan melalui ajaran-ajaran agama yang dianutnya.

Dalam hal ini adalah agama Islam yang penganutnya dinamakan umat muslim. Islam sendiri mengajarkan kepada umatnya agar memiliki tujuan hidup yang seimbang antara kehidupan dunia dan juga kehidupan akhirat. Artinya kebahagian macam apapun yang diperoleh dalam kehidupan dunia ini tidak akan ada artinya bila tidak mengejar kehidupan akhirat yang bahagia pula..

Apa saja Motto Hidup Muslim?

Umat muslim memang telah diajarkan oleh agamanya bagaimana menyikapi kehidupan. Ada motto yang berbunyi: man jadda wa jada (barangsiapa bersungguh-sungguh, pasti ia akan dapat kesungguhannya). Ini artinya Islam mengajarkan pemeluknya untuk memiliki etos kerja yang tinggi. Kemudian ada pula motto yang pernah diucapkan oleh Ali bin Abi Thalib khalifah ke empat dalam Islam, dalam hal ini dia mengatakan bahwa: waktu itu bagai sebilah pedang, kalau engkau tidak memanfaatkannya, dia akan memottongmu. Ini artinya Islam sendiri memandang bahwa disiplin hidup, pandai memanfaatkan waktu adalah kunci kesuksesan hidup seorang muslim.

Sebaliknya, bila hal ini dilalaikan oleh urusan duniawi semata, maka ia sebenarnya sedang mempersiapkan pedang atau waktu ia untuk membuat penyesalan di hari tuanya. Kemudian Islam juga memandang kebersihan adalah penting, sebagaimana mottonya kebersihan sebagian daripada Iman, dengan artian Islam benar-benar menjaga kesucian diri umatnya dan ini bukan hanya dari segi lahiriah semata, namun juga dari segi batiniah haharus bersih dari sifat dan penyakit hati.Iri, dengki, hasud, sombong dan lain sebagainya.

Kemudian motto selanjutnya seperti menuntut ilmu meskipun sampai negeri Cina. Islam dalam hal ini memandang bahwa ilmu adalah wajib untuk umatnya, karena itulah yang mengangkat derajat suatu umat lebih terhormat. Maka walau jauh diibaratkan Negeri Cina sekalipun tidak masalah, karena yang dikejar adalah kehormatan diri untuk mencapai derajat yang lebih baik di mata Tuhan.

Hikmah Motto hidup

1.    Bergairah dalam melakukan aktifitas sehari-hari.
2.    Lebih melihat hikmah atas segala cobaan yang menimpanya.
3.    Menjadi kuat bila ditimpa musibah dan bersyukur atas segala nikmat.
4.    Tidak gampang putus asa.

Demikianlah motto hidup muslim dalam artikel singkat ini. Semoga yang singkat ini bermanfaat bagi kita sekalian. Satu hal yang perlu kita ingat: Yang benar dari Allah, yang salah dari salah sendiri. Semoga artikel ini dapat membantu kita menemukan motto hidup muslim yang sesungguhnya.

Selanjutnya : Manfaat Dahsyat Contoh Paper
Sebelumnya: Masalah Perkawinan Bagi Ibu-Ibu Single Parent Karena Perceraian
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar