Mpasi Bayi 1 Tahun yang Bergizi

Pencernaan pada batita berumur di bawah 1 tahun, masih belum sempurna dan reponsif. Di awal mpasi bayi 1 tahun, bayi diharapkan mendapat makanan yang bergizi. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memberikan mpasi, antara lain sebagai berikut.

1. Sembelit

Loading...

Perlu adanya perhatian mengenai frekuensi, konsistensi, dan jenis asupan dari mpasi. Bayi masih mendapat ASI dari ibu dan ASI sendiri merupakan asupan sempurna bagi bayi.

2. Jenis Asupan

Perhatikan jenis makanan yang akan Anda berikan sebagai asupan, kenali sifat dan ciri dari makanan tersebut jika diberikan kepada bayi. Sebagai contoh, jika Anda memberikan wortel, maka bayi akan sulit untuk melakukan buang air besar.

3. Kekentalan

Berikan makanan mpasi secara bertahap pada bayi. Jangan langsung memberikan asupan yang banyak, karena bayi masih dalam proses beradaptasi. Durasi yang bertahap akan membuat bayi mampu menerima asupan tambahan tersebut. Biasanya, asupan tambahan diberikan sekitar 2–3 minggu pada tahap awal, jika sudah terbiasa dapat Anda berikan dalam jumlah yang banyak.

4. Frekuensi

Hal yang dimaksud adalah durasi pemberian jumlah makanan. Sebaiknya, makanan diberikan 1x sehari. Jika bayi sudah terbiasa beraktivitas, mulailah berikan mpasi dalam jumlah yang banyak, setidaknya 2x sehari dan ditambah porsinya sedikit demi sedikit.

Terapi

Jika bayi Anda mengalami gejala kesulitan buang air besar. Frekuensi, konsistensi, dan jenis mpasi bisa Anda ubah, ditambah dengan adanya terapi. Bentuk terapi yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut.

1. Pemijatan

Lakukan terapi pemijatan pada perut bayi. Gosok perut bayi Anda dengan perlahan searah jarum jam. Tangan diletakkan di pusar bayi dan melakukan pijitan melingkar, lalu naik turun ke arah pusar.

2. Gerakan Naik Sepeda

Bayi diletakkan telentang, lalu diangkat perlahan kedua kaki dan lakukan gerakan seolah-olah sedang mengayuh sepeda.

3. Berendam di dalam Air Hangat

Beberapa dokter menyarankan bayi direndam di air hangat untuk pelemasan otot-otot.  Kemudian, Anda dapat memijit bayi Anda.

4. Alergi

Pada umumnya, pemicu alergi adalah susu, telur, kacang tanah, dan lain-lain.  Akan tetapi, kualitas hidup manusia yang semakin memburuk menyebabkab alergi semakin bertambah.

Demikianlah mpasi bayi 1 tahun yang perlu Anda pahami sebagai orangtua. Asupan makanan sangat penting bagi bayi dan Anda harus sangat teliti dalam hal tersebut. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Kebijakan Pertahanan Vietnam terhadap Sengketa Laut Cina Selatan
Sebelumnya: Kegunaan Menggunakan Kebaya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar