Mukjizat Nabi Yakub yang Bersaudara dengan Malaikat Maut


Setiap nabi pasti memiliki mukjizat dari Allah. Mukjizat tersebut sebagai bukti kekuasaan Allah. Dipergunakan para nabi sebagai bekal dakwah dalam menegakkan kerajaan Allah di muka bumi. Salah satu nabi yang diberikan mukjizat itu adalah Nabi Yakub. Ia diberikan kelebihan oleh Allah, dipersaudarakan dengan malaikat maut. Mukjizat Nabi Yakub ini memang unik, yang mana sesekali malaikat maut datang berkunjung kepada Nabi Yakub.

Kisah Nabi Yakub

Nabi Yakub kerap kedatangan tamu malaikat Izroil, yang tidak lain adalah malaikat maut. Setiap kali berkunjung, Nabi Yakub selalu bertanya kepada malaikat maut.

“Wahai malaikat maut, apakah kedatanganmu sebagai utusan untuk menjemput mautku atau hanya sekadar berkunjung?”

Malaikat maut menjawab, ”Aku hanya sekadar berkunjung wahai nabi Allah.”

Lalu, Nabi Yakub berkata denga lirih, ”Wahai malaikat maut, berilah tanda kepadaku jika engkau akan datang menjemput mautku.”

“Baik wahai nabi Allah, aku akan datang kembali dengan memberikan tanda-tanda sebelum aku datang untuk melaksanakan tugasku sebagai malaikat pencabut nyawa. Aku berjanji padamu. Aku pamit wahai nabi Allah,” ucap malaikat maut mengakhiri pertemuan dengan Nabi Yakub.

“Baik, terima kasih wahai saudaraku malaikat maut. Aku akan menunggumu untuk menjemput ajalku,” ujar Nabi Yakub.

Hari berganti hari, bulan berganti bulan, tahun pun terus berganti. Hingga suatu hari datang Malaikat Maut menghampiri Nabi Yakub, lalu Nabi Yakub bertanya pada malaikat Maut.

“Wahai Malaikat Maut, apa maksud dan tujuanmu datang kemari? Apakah berkunjung atau akan menjemput mautku?“ tanya sang nabi.

Dengan mantap dan tegas malaikat maut berkata kepada Nabi Yakub, “Aku datang menjemput mautmu wahai Nabi Allah.”

“Tapi, bukankah aku telah meminta padamu wahai malaikat maut untuk memberikan tanda-tanda kepaku?” tanya sang nabi.

“Benar, aku telah berjanji kepadamu untuk memberikan tanda-tanda sebelum ajalmu. Tidakkah kau ketahui, ada tiga tanda yang telah Allah berikan kepada anak dan cucu Adam dan termasuk kepada dirimu wahai nabi Allah,” jawab sang malaikat.

“Lalu, apa tiga tanda tersebut?”

“Tidakkah kau sadari, beberapa waktu yang lalu aku telah mengambil ajal keponakanmu, dan engkau pun ada di sana? Lihatlah rambutmu, dulu hitam dan lebat, sekarang sudah memutih dan berkurang. Lalu, tubuhmu yang dahulu kuat dan berjalan dengan gagah, kini terlihat bungkuk dan lemah. Itulah tanda-tanda yang sudah Allah berikan dan kuingatkan padamu wahai Nabi Allah,” ujar Malaikat Maut.

“ Baiklah malaikat maut, benar adanya tanda-tanda yang telah Allah berikan dan ingatkan padaku. Baik, ambilah ajalku sebagai tugasmu wahai malaikat maut,” kata Nabi Yakub dengan tegas.

Itulah kisah mengenai mukjizat Nabi Yakub yang telah Allah berikan. Semoga menjadi pelajaran untuk kita semua.

Selanjutnya : Nama Tokoh Pemimpin di Dunia
Sebelumnya: Ulasan Koran Kompas Hari Ini Pdf
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar