Gejala Mulut Pahit Apakah Lambung? dan Apa Saja Penyebabnya

Gejala mulut pahit apakah lambung? Dan apa saja penyebabnya, bisa jadi itu adalah gejala asam lambung. Tahukah anda bahwa gejala penyakit asam lambung pada awalnya penderita mengalami kembung, cepat merasa kenyang, mual, sering sendawa, kemudian diikuti rasa perih pada lambung, muntah bahkan mencret, migraine.

Dan gejala yang tidak disadari secara langsung oleh penderita adalah rasa pahit di mulut. Adanya rasa pahit ini muncul di akibatkan karena asam lambung yang berlebihan mendorong ke atas ke kerongkongan sehingga terkadang timbul rasa pahit atau asam pada mulut dan kerongkongan. Apa sajakah penyebab timbulnya penyakit asam lambung tersebut? Yuk, kita cari tahu penyebab asam lambung di bawah ini.

Penyebab asam lambung, terjadi karena:

1. Adanya pola makan yang tidak teratur

Karena kesibukan sehari-hari terkadang kita melupakan makan. Seperti menunda makan, makan tergesa-gesa, tidak membiasakan diri untuk sarapan. Pola seperti inilah yang keliru dan dapat menyebabkan gangguan pada lambung.

2. Asupan makanan dan minuman yang tidak menyehatkan

Semua orang mempunyai kecenderungan menyukai makanan yang lezat, tanpa mengindahkan akan nilai gizi dan kesehatan yang terkandung pada makanan dan minuman yang dikonsumsi. Akhirnya kolesterol pada tubuhpun tinggi, hingga terjadi penyempitan pembulu darah. Mengkonsumsi minuman yang beralkohol, mengkonsumsi makanan yang asam dan pedas sehingga asam lambung meningkat dan menimbulkan maag.

3. Kurangnya menjaga kebersihan makanan dan minuman

Sebaiknya kita menjaga makanan dan minuman kita dari serangga-serangga yang menghinggap,terutama lalat.

4. Kurang telitinya membeli makanan dan minuman yang dikemas

Teliti dulu barang makanan ataupun minuman tanggal kadaluarsanya. Masih layak atau tidakkah untuk dikonsumsi.

5. Kurangnya kesadaran menjaga kesehatan mulut dan gigi

Bakteri bisa masuk lewat sasaran yang mudah dan subur yakni mulutdan gigi. Hingga mengakibatkan kerusakan pada gigi dan lambung.

6. Stress dan tekanan jiwa

7. Merokok

Selain merusak paru-paru, kebiasaan merokok juga akan memperparah kondisi seseorang  yang sudah memiliki panyakit lambung. Merokok orang akan terlambat makan. Kurangnya tidur (begadang), tidur kurang dari 2-3 jam sesudah makan dapat memicu gangguan asam lambung.

Gejala mulut pahit apakah lambung? Dan apa saja penyebabnya, sudah kita ketahui sedikit jawabannya. Dengan mengubah pola hidup yang sehat, seperti meninggalkan kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak menyehatkan.

Mengontrol diri dari emosi, makan dan minum sewajarnya ( tidak berlebihan atau sangat kurang/diet kebablasan), hindari rokok dan minuman beralkohol. Kita akan terhindar dari penyakit lambung.

Demikianlah ulasan mengenai mulut pahit apakah lambung? Kiranya dapat memberikan informasi dan bermanfaa bagi pembaca.

Selanjutnya : Produksi Kaos di Solo
Sebelumnya: Mengenal Nama-nama Tokoh dan Tujuan Pembelajarannya bagi Siswa
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini