Musibah Bencana Alam di Berbagai Negara


Musibah bencana alam di berbagai negara yang terjadi seperti banjir, gunung meletus, tornado dan musibah lain akan membuat banyak orang meninggal dunia serta kehilangan tempat tinggal. Bencana alam yang terjadi tidak terlepas dari keegoisan dan ketamakan manusia yang tidak menjaga kelestarian isi bumi ini. Berikut ini adalah beberapa musibah bencana yang pernah terjadi di berbagai negara di dunia.

Meletusnya Gunung Toba di Sumatera pada 500.000 tahun yang lalu hampir memusnahkan seluruh makhluk hidup. Gunung Toba merupakan gunung api yang masih aktif dan diperkirakan terakhir meletus sekitar 74.000 tahun yang lalu. Danau Toba dikelilingi oleh batu apung peninggalan letusan gunung. Batu apung juga ditemukan di India Tengah bahkan sampai di Samudera Hindia dan Teluk Benggala sebagai bukti dari letusan mahadasyat.

Meletusnya Gunung Krakatau di Indonesia yang menyebabkan pulau Krakatau tenggelam dan ikut menenggelamkan 100 pulau di sekitarnya. Gunung Krakatau meletus pada tahun 1883 dan mengakibatkan 36.000 orang meninggal yang diakibatkan diterjang tsunami akibat letusan Gunung Krakatau. Abu letusan Gunung Krakatau sampai ke New York dan menyebabkan penurunan suhu di seluruh dunia selama setahun.

Gempa bumi di Cina terjadi pada tanggal 23 Januari 1556 dan menyebabkan 830.000 orang meninggal dunia. Banyak kematian yang terjadi akibat orang-orang yang terkubur hidup-hidup. Gempa ini mengguncang wilayah Cina dengan kekuatan sebesar 8,3 skala Richter.

The Black Death di Eropa terjadi pada tahun 1330-1351. Bencana ini terjadi akibat pandemik penyakit pes yang disebabkan bakteri Yersinia pestis dan diperkirakan menewaskan sekitar 75.000 orang. Virus penyakit ini berawal dari Cina yang kemudian ditularkan pada orang Eropa ketika seorang Mongol menyerbu keramaian dengan melempar mayat orang yang telah terinfeksi. Musnahnya black death disebabkan perbaikan sanitasi yang dapat melemakan kemampuan pertahanan kutu pembawa wabah.

Demam berkeringat di Inggris terjadi pada tahun 1485-1551. Demam ini merupakan penyakit mematikan yang dikenal sebagai sudor anglicus akibat virus yang dibawa oleh kotoran tikus dan dihirup oleh manusia.

Berbagai musibah bencana alam di berbagai negara menjadi peringatan bagi manusia untuk menjaga kelestarian alam, menjaga kebersihan dan memperkuat iman kepada Tuhan agar bencana alam yang dahsyat tidak terjadi lagi di muka bumi ini.

Selanjutnya : Music Klasik Instrument Buat Tidur
Sebelumnya: Museum Sejarah Abad 16 dan Lukisan di Madrid
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar