Musik Klasik Pengantar Tidur Bayi


Jenis musik klasik pengantar tidur pada bayi dapat dilakukan untuk memberi rasa tenang dan rileks ketika menjelang tidur sehingga tidur bayi akan menjadi lebih nyenyak dan berkualitas. Pada saat bayi tertidur akan mengaktifkan pancaran gelombang alpha yang menghubungkan dengan pikiran bawah sadar. Ketika bayi sudah di dalam gelombang alpha maka ibu dapat membisikkan sesuatu yang positif untuk bayinya.

Pengertian gelombang alpha yaitu pancaran gelombang yang dihasilkan ketika seseorang sedang berada di dalam keadaan rileks dan tenang. Tanda dari gelombang alpha sudah terpancar yaitu mata mulai terpejam dan terkantuk di masa peralihan antara kondisi sadar dan tidak sadar. Pada saat kondisi ini dapat ditanamkan sugesti yang positif agar di kehidupan yang nyata menjadi lebih baik.

Bayi membutuhkan waktu tidur yang lebih lama daripada waktu tidur orang yang lebih dewasa. Ketika bayi tertidur merupakan saat tubuhnya mengalami perkembangan. Perkembangan bayi disaat tidur dapat dilihat melalui keringat yang keluar dari tubuh bayi. Apabila bayi berkeringat maka pertumbuhan bayi berlangsung secara optimal.

Perkembangan otak bayi juga diperoleh saat bayi tertidur dengan lelap. Sel-sel di otak bayi akan bekerja dengan sempurna ketika bayi tidur. Hal ini sangat berkaitan dengan tingkat intelegensia yang akan diperoleh bayi. Karena itu bayi sangat membutuhkan tidur yang berkualitas.

Manfaat dari mendengarkan musik klasik secara umum adalah dapat mengurangi tekanan darah tinggi, membuat suasana hati menjadi lebih rileks, meningkatkan daya tahan tubuh, pikiran menjadi lebih fokus, meningkatkan kemampuan pada otak, sebagai terapi penyembuhan suatu penyakit, dapat membantu penyembuhan insomia, meningkatkan kemampuan motorik dan merangsang hormon dopamin.

Jenis musik klasik pengantar tidur bayi diantaranya adalah Concero Grosso in C Mayor karya Haendel, Concerto for Violin and Orchestra karya Bethoven, Symphoni in G Minor no.29 dan no.40 karya Mozart dan Concerto Oboe in D Minor, op.9 karya Albinoni.

Peranan musik klasik pengantar tidur bagi bayi sangat penting untuk membantu bayi dapat tertidur dengan lelap dan berkualitas sehingga perkembangan bayi dapat menjadi lebih optimal.

Selanjutnya : Musik Tanpa Lirik Mengajak Berimajinasi
Sebelumnya: Musik Jepang yang Berjudul Life
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar