Alat Musik Tradisional yang Tidak Dimiliki Negara Lain


Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan kebudayaan. Hal ini salah satunya disebabkan karena Indonesia memiliki wilayah yang terpisah oleh lautan sehingga setiap daerah memiliki ciri khas kebudayaan masing-masing. Begitu pula dengan seni tradisionalnya, musik tradisional yang tidak dimiliki negara lain banyak sekali dan sudah seharusnya kita melestarikannya.

Kita sebagai rakyat Indonesia seharunya berbangga hati karena negara kita terkenal unik dan memiliki banyak perbedaan namun dapat bersatu dan rukun satu sama lain. Berbagai kekayaan alam dan kebudayaan khas sepatutnya kita jaga dan terus lestarikan.

Kebudayaan Sasando

Ada berbagai ciri kebudayaan Indonesia berupa kesenian yang tampaknya mulai terlupakan masyarakat, padahal alat musik warisan budaya bangsa tersebut tergolong sangat unik, khas, dan tidak dimiliki oleh negara lain. Sehingga dapat menjadi aset budaya yang tidak ternilai harganya.

Sebagai contoh dari alat musik tradisional indonesia yang tidak dimiliki negara lain adalah sasando dari Nusa Tenggara Timur atau lebih tepatnya dari daerah Rote. Alat musik ini mulai dikenal luas masyarakat pada saat salah satu pemuda membawanya dalam ajang pencarian bakat di televisi swasta. Berkat alat musik itu, ia bisa menjadi salah satu kontestan yang cukup disorot keberadaannya.

Pada saat melihat sasando, sekilas kita akan teringat pada bentuk perahu atau kepala ular kobra yang berupa cekungan. Namun ada sebuah pipa panjang yang berada di tengah cekungan tersebut. Alat musik ini terbuat dari sebatang tabung dari bambu yang dihubungkan dengan senar-senar yang terdapat pada bambu dan cekungannya terbuat dari daun lontar.

Pada saat dipetik, setiap senar akan menghasilkan bunyi indah yang berbeda-beda sehingga dapat menghasilkan sebuah nada dan musik yang mengalun indah. Tentu kita akan terheran-heran, bagaimana mungkin alat musik sederhana dan terbuat dari bahan alami ini dapat menghasilkan suara yang begitu indah dan dapat dikalaborasikan dengan berbagai alat musik lainnya.

Sasando merupakan salah satu perwujudan dari alat musik khas Indonesia. Sebenarnya kita masih dapat menemukan berbagai alat musik lain yang khas dan alat musik tradisional yang tidak dimiliki negara lain.

Sebaiknya sasando dan berbagai alat musik ini harus kita patenkan keberadaannya sehingga tidak dengan mudahnya di klaim negara lain yang ingin mencuri keindahan bangsa kita. Jangan hanya marah pada saat telah di curi oleh bangsa lain, sebelumnya lakukanlah usaha pelestarian dan tanamkan cinta bangsa dalam diri kita. Semoga bemanfaat.

Selanjutnya : Makalah Kelembagaan Sosial Masyarakat terhadap Bidang Peternakan
Sebelumnya: Morfologi Buah Padi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar