3 Musisi Keroncong di Indonesia yang Paling Populer

Musik keroncong adalah salah satu musik favorit karena itulah musisi keroncong di Indonesia cukup ditemukan. Musisi keroncong yang masih setia menggeluti dunia keroncong sebagian besar adalah musisi-musisi dari kalangan tua.

Sang Maestro Keroncong Indonesia

Loading...

Nama Gesang begitu lekat dengan keroncong Indonesia karena itulah beliau dijuluki sebagai maestro keroncong di Indonesia. Pemilik nama lengkap Gesang Martohartono ini dikenal lewat lagu keroncong berjudul “Bengawan Solo” yang diciptakannya.Lagu ini telah diterjemahkan ke dalam lebih dari sepuluh bahasa asing dan dinyanyikan di berbagai negara.

Tak hanya lagu “Bengawan Solo” yang diciptakannya masih banyak lagi lagu-lagu keroncong yang diciptakan oleh Gesang dan tetap populer hingga kini. Lagu-lagu keroncong tersebut antara lain Jembatan Merah, Caping Gunung, Kalung Mutiara, Borobudur, Pandanwangi dan masih banyak lagi lainnya. Sederet lagu-lagu keroncong inilah yang membuat Gesang disegani oleh musisi keroncong di Indonesia.

Musisi Keroncong Lainnya

Selain Gesang, ada beberapa musisi keroncong lainnya yang namanya begitu dikenal oleh para penyuka musik keroncong. Kemunculannya pun selalu dinanti-nantikan. Berikut ini dua nama musisi keroncong yang paling dikenal.

• Sundari Soekotjo

Penyanyi keroncong yang satu ini memiliki nama lengkap Sundari Untinasih Soekotjo namun lebih dikenal dengan nama Sundari Soekotjo. Wanita cantik ini mulai bernyanyi keroncong sejak usia 12 tahun. Barulah pada tahun 2002, wanita yang dilahirkan pada tahun 1965 ini mengeluarkan album keroncong pertamanya. Album keroncong pertama yang berjudul “Ingkar Janji” membuat Sundari Soekotjo meraih Keroncong Award di tahun yang sama.

Sundari Soekotjo memiliki suara yang merdu mendayu-dayu. Selain itu, penampilannya pun sangat mudah dikenali. Ia selalu bernyanyi dengan menggunakan kebaya dan sanggul jawa. Penampilan wanita cantik ini sangat anggun dan menampilkan kecantikan khas wanita Indonesia.

• Waljinah

Sedikit berbeda dengan Sundari Soekotjo, Waljinah merupakan penyanyi keroncong Jawa. Namun saat Waljinah berkolaborasi dengan Mus Mulyadi, beliau menyanyikan lagu-lagu keroncong yang berbahasa Indonesia.

Waljinah yang berasal dari Solo ini kerap membawakan lagu-lagu Gesang dan juga lagu-lagu Ismail Marzuki. Sama seperti Sundari Soekotjo, saat membawakan lagu-lagu keroncong wanita cantik ini selalu mengenakan kebaya dan sanggul khas Jawa. Jika Gesang dijuluki maestro keroncong Indonesia, maka Waljinah memiliki julukan sebagai ratu keroncong Indonesia.

Nah, tiga musisi keroncong di Indonesia ini termasuk musisi keroncong golongan tua namun tetap dikenal hingga kini. Sayangnya hanya sedikit kaum muda Indonesia yang meneruskan menekuni dunia keroncong ini. Salah satu anak muda yang memiliki suara merdu dan tergerak untuk melestarikan keroncong adalah Intan Soekotjo yang tak lain anak dari Sundari Soekotjo.

Loading...
Selanjutnya : Mengenal Filsafat Buddhist Tentang Elemen dan Metafisika
Sebelumnya: Ciri Kanker Usus dan Faktor Penyebabnya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar