Mengenal Nama Alat Musik dari Papua


Mengenal nama alat musik dari Papua merupakan salah satu cara untuk menambah pengetahuan dan kecintaan kita terhadap kebudayaan Indonesia. Masyarakat Papua merupakan masyarakat yang menggemari musik, musik dan tari selalu jadi komponen utama dalam kegiatan budaya di Papua. D

alam setiap upacara-upacara adat yang dilaksanakan selalu ada komponen musik sebagai pengikat semangat antarmasyarakat. Irama alat musik tradisional masyarakat Papua memberikan semangat, ruang introspektif, wawasan yang unik dalam budaya dan masyarakat mereka.

Alat Musik Papua

Alat-alat musik tradisional masyarakat Papua di antaranya adalah: ukulele, tifa, triton, pikon, kundu, motu, gama, falun, seruling, imunu viki, dan oakrina. Alat-alat musik ini dapat dikelompokkan menurut bentuk dan fungsinya ke dalam beberapa golongan, yaitu: alat musik tepuk, alat musik pukul atau palu, alat musik tiup, dan alat musik gesek. Berikut karakteristik dari alat-alat musik tersebut:

• Alat Musik Tepuk

Alat musik tradisional masyarakat Papua yang dimaksud alat musik tepuk ini adalah alat musik yang penggunaannya ditepukkan ke tangan pada bagian tertentu dari alat itu. Alat tersebut termasuk jenis alat musik gendang yang terbuat dari sebatang kayu berlubang tengah tembus di kedua ujungnya. Pada bagian ujung atas dilekatkan kulit binatang.

• Alat Musik Pukul atau Palu

Alat musik pukul atau palu adalah alat yang penggunaannya dipukul dengan menggunakan alat bantu lain, berbeda dengan alat tepuk yang langsung menggunakan tangan.

• Alat Musik Tiup

Untuk alat musik tiup tradisional masyarakat Papua umumnya merupakan alat musik tiup satu nada. Alat-alat musik tersebut ada yang terbuat dari bambu (Fu), kayu (Ji), rumah kerang (Triton) dan buah.

Cara membunyikannya adalah dengan meniup pada bagian yang terbuka atau berlubang. Semula, alat musik ini digunakan untuk memanggil atau memberikan informasi tetapi lama kelamaan berkembang menjadi sebuah alat musik.

• Alat Musik Gesek

Alat musik gesek adalah alat musik yang cara membunyikannya adalah dengan bantuan alat lain seperti stik bergerigi, alat ini selain terbuat dari seruas bambu juga dari buah labu yang dikeringkan.

Itulah jenis-jenis dan nama alat musik dari Papua, semoga kita menjadi semakin bangga akan keragaman budaya masyarakat Indonesia dan semangat untuk tetap melestarikannya.

Selanjutnya : Mengenal Gangguan Perut Saat Hamil
Sebelumnya: Hidup Manusia Tak Lepas dari Cinta, Seni, dan Keindahan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar