Nama Alat Musik Papua Barat


Apa nama alat musik Papua Barat? Papua Barat merupakan provinsi hasil pemekaran dari provinsi Papua. Tepatnya pada tahun 1999, Papua Barat disahkan dengan undang-undang sebagai provinsi baru dengan nama Irian Jaya Barat. Pada perkembangannya nama Irian Jaya Barat berubah menjadi Papua Barat pada tahun 2007.

 

Sebagaimana provinsi lain yang ada di Indonesia, Papua Barat juga memiliki kebudayaan dan adat tersendiri. Kebudayaan asli Papua Barat diantaranya berupa: alat musik, seni tari, rumah adat, dll. Nama alat musik Papua Barat adalah Guoto sementara tari tradisional provinsi yang memiliki ibukota di Manokwari ini adalah tari Musyoh.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai kebudayaan Papua Barat, di bawah ini akan diuraikan mengenai jenis kebudayaan yang dimiliki oleh provinsi Papua Barat.

Suku
Provinsi Papua Barat dihuni oleh banyak suku, diantaranya adalah: suku Maya, Arfak, Simuri, Moscona, Mairasi, dll.

Alat Musik

Alat musik tradisional provinsi Papua Barat ini termasuk alat musik petik, yang dimainkan dengan cara dipetik layaknya gitar. Seperti telah diuraikan di atas, nama alat musik Papua Barat adalah Guoto. Selain Guoto, masyarakat Papua Barat juga sering memainkan alat musik Tifa dan Atowa.

Seni Tari

Seni tari dari provinsi Papua Barat yang mencerminkan keunikan provinsi tersebut bernama tari Musyoh. Tari Musyoh merupakan tarian khas Papua Barat yang biasanya dimainkan sebagai penghormatan kepada tamu.

Selain dipertunjukkan sebagai tari selamat datang, tari Musyoh juga dimainkan masyarakat Papua Barat dalam rangka mengusir arwah khususnya arwah orang yang meninggal karena kecelakaan. Disamping tari Musyoh, masyarakat Papua Barat juga mengenal tarian lain seperti tari Perang dan tari Suanggi.

Pakaian Adat

Kebudayaan Papua Barat yang tidak kalah uniknya adalah pakaian adat. Pakaian yang dikenakan masyarakat Papua Barat ini bernama Ewer. Pakaian adat Papua Barat antara yang dikenakan oleh pria dan wanita sekilas terdapat kemiripan yakni berbentuk layaknya rok yang berbahan dasar dari tumbuhan.

Rumah Adat

Rumah adat masyarakat Papua Barat berbentuk seperti setengah lingkaran yang beratapkan daun. Nama rumah adat ini adalah rumah Honai.

Senjata Tradisional

Dua diantara senjata tradisional yang banyak digunakan oleh suku-suku yang menetap di wilayah Papua Barat adalah Panah dan Tombak.

Hasil kebudayaan masyarakat Papua Barat di atas merupakan salah satu keanekaragaman budaya dan tradisi Indonesia yang patut untuk selalu kita lestarikan.

Selanjutnya : Hukum Warisan dalam Agama Islam
Sebelumnya: Mengenal Gangguan Perut Saat Hamil
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar