Nama Gelar untuk Orang Jawa


Nama gelar untuk orang Jawa ternyata tidak sembaranag diberikan. Hanya orang-orang tertentu saja yang berhak mendapatkan atau menyandang nama gelar ini. Nama gelar hanya diberikan untuk kalangan bangsawan, keturunan raja, atau keluarga kerajaan saja.Sementara orang luar tidak bisa, kecuali disepakati oleh pihak keraton untuk menerima gelar.

Nama gelar yang dimaksudkan di sini adalah gelar kebangsawanan. Di Indonesia pemberian gelar kebangsawanan ini pada umumnya berlaku untuk masyarakat keraton serta orang-orang di luar keraton yang dianggap telah berjasa. Sebenarnya bukan hanya keraton di Jawa saja yang memiliki nama gelar ini, dibeberapa daerah di Indonesia pun ada nama gelar. Namun, yang lebih terkenal itu di Jawa.

Misalnya, raja di kerajaan Mataram yang memiliki banyak selir selain dari permaisuri, dan melalui permaisuri dan selir ini raja akan memperoleh keturunan laki-laki atau perempuan. Salah satu anak raja terutama yang laki-laki akan meneruskan tahta ayahnya dan diberi gelar sebagai putra mahkota.

Gelar untuk orang Jawa, terutama di kerajaan tidak hanya sebatas dari putera mahkota saja, tetapi ada beberapa gelar yang diberikan untuk keluarga kerajaan atau kerabat kerajaan di Jawa. Mau tahu apa saja nama gelar yang diberikan untuk masing-masing kerajaan di Jawa ini? Berikut bisa Anda simak uraian singkatnya.

Nama Gelar Kasunanan

Nama gelar Kasunanan ini diberikan khusus untuk Kasunanan Surakarta. Adapun nama gelar yang diberikan adalah sebagai berikut.

1. Untuk penguasa Kasunanan diberi gelar Sampeyan Dalem Ingkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan Prabu Sri Buwana Senapati…, atau yang disingkat SISKS.
2. Untuk permaisuri Susuhunan Pakubuwana diberi gelar sebagai Gusti kanjeng Ratu atau GKR.
3. Untuk selir Susuhunan Pakubuwana diberi gelar Kanjeng Bendara Raden Ayu atau yang singkat menjadi KBRAy.
4. Untuk pewaris tahta Kasunanan atau putra mahkota diberi gelar sebagai Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Anom Amangku Negara.

Nama Gelar Kesultanan

Nama gelar Kesultanan ini diberikan khusus untuk Kesultanan Yogyakarta. Apapun nama gelar yang diberikan adalah sebagai berikut.

1. Untuk penguasa Kesultanan diberi gelar sebagai Sampeyan Dalem Ingkang Sinuhun Kanjeng Sri Sultan Hamengku Buwana.
2. Untuk permaisuri Sultan diberi gelar sebagai Gusti Kanjeng Ratu atau GKR.
3. Untuk pewaris tahta Kesultanan diberi gelar sebagai kanjeng Gusti Pangeran Adipati Anom Amangku Negara.

Nama Gelar Paku Alam

Nama gelar Paku Alam ini diberikan khusus  untuk Kadipaten Paku Alaman Yogyakarta. Adapun gelar yang diberikan adalah sebagai berikut.

1. Untuk penguasa Paku Alam diberi gelar sebagai Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Karya Raja Paku Alam Kaping.
2. Untuk permaisuri Raja Paku Alam diberi gelar sebagai kanjeng bendara Raden Ayu atau KBRAy.
3. Untuk pewaris tahta Paku Alam diberi gelar sebagai bendara pangeran Harya Suryadilaga.

Itulah beberapa nama gelar untuk orang Jawa yang berlaku di Kesultanan Yogyakarta, Kasunanan Surakarta, dan Kadipaten Paku Alaman Yogyakarta. Pemakaian untuk gelar raja sangat panjangkarena merupakan serangkaian doa agar raja yang memerintah sesuai dengan gelar yang diberikan. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Nama Hero Yunani
Sebelumnya: Daftar Nama Artis Thailand
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar