Kumpulan Nama Hewan dan Ciri-cirinya yang Langka


Nama hewan dan ciri-cirinya. Kekayaan laut di Indonesia begitu besar, banyak spesies langka yang ditemukan di dalamnya. tidak hanya di perairan lautan, di daratan juga seperti itu. Luas tanah Indonesia dari sabang sampai merauke terdiri atas perairan, hutan dan gunung. Dimana dari ketiga ini memiliki beberapa jenis hewan.

Beberapa hewan tersebut tidak bisa bertahan hidup di sembarang tempat, misalnya orang utan, orang utan tidak bisa hidup di negara lain. sekalipun bisa hidup, untung-untungan saja. Dari sekian banyak jenis hewan, ada beberapa hewan yang berada di atas kepunahan. Berikut adalah nama hewan dan ciri-cirinya yang masih bertahan dari kepunahan.

No.

Nama hewan

Ciri-ciri

1.

Elang jawa

Elang Jawa merupakan burung pemangsa hewan-hewan kecil yang ada di hutan. Elang Jawa inilah yang dijadikan sebagai lambang negara Indonesia, matanya tajam, bulunya berwarna keemasan keabu-abuan, kakinya kuat saat mencengkram, dan paruhnya tajam melengkung ke bawah. Keberadaan elang ini mengalami kelangkaan.

2.

Jalak bali

Jalak Bali, salah satu burung yang langka. Bentuk burung ini kecil dan cantik. Memiliki bulu lembut, dan memiliki jambul di bagian atas kepalanya. Bagian matanya terlihat cantik berwarna biru muda, seperti memakai kacamata. Bagian ujung sayapnya berwarna hitam.

3.

Kuskus

Kuskus adalah hewan berbulu keabu-abuan. Wajahnya hampir mirip seperti Panda Cina. Tubuh kuskus ini kecil, panjangnya sekitar 56 cm saja. Ekornya yang kecil ternyata membantunya untuk pegangan saat kuskus memanjang pohon, panjang ekor kuskus sekitar 54 cm.

4.

Maleo

Maleo, dilihat secara sekilas mirip seperti ayam kalkun. Burung Maleo satu ini memiliki mahkota di bagian kepalanya, tubuhnya kurus. Burung Maleo banyak ditemui di kawasan Sulawesi. Bagian dada burung Maleo berwarna putih kekuning-kuningan, sisanya berwarna gelap. Jalannya yang kalem, ternyata burung Maleo ini memiliki suara yang keras loh.

Di atas inilah kumpulan nama hewan dan ciri-cirinya. Penyebab terjadinya kepunahan pada hewan tersebut di atas ini karena disebabkan oleh penebangan dan perburuan liar. Sehingga mereka mengalami kesulitan untuk melakukan perkembangbiakan, karena ekosistemnya mengalami kerusakan. Jadi, sangat penting sekali bagi kita untuk menjaga kekayaan yang tersisa ini agar tidak punah.

Selanjutnya : Makalah Kaidah Ilmiah
Sebelumnya: Perkembangan Ilmu Pengetahuan Zaman Romawi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar