Nama Ilmiah Pakis Haji dan Klasifikasinya serta Manfaatnya


Nama ilmiah pakis haji dan klasifikasinya dibagi menjadi lebih dari 90 jenis. Pakis haji atau sering disebut “aji” atau “sikas”, memiliki nama ilmiah cycas. Tumbuhan ini masuk dalan suku Cycadaceae atau pakishaji-pakishajian. Klasifikasinya sangat beragam.

Ada sekitar 90 jenis mulai Cycas aculeata hingga Cycas zeylanica. Sedangkan untuk klasifikasi ilmiahnya yakni masuk kerajaan Plantae di divisi Cycadophyta di kelas Cycadpsida. Pakis haji masuk di ordo Cycadales dengan famili Cycadaceae dan genus Cycas.

Pakis Haji

Di Indonesia tumbuhan ini umumnya ditanam di pekarangan, taman, atau kebun yang menyerupai tumbuhan palem. Pakis haji sendiri memang mirip tumbuhan palem. Dalam istilah biologinya yakni habitus, merujuk pada tindakan naluriah atau kecenderungan alamiah tumbuhan. Dalam istilah botani, ‘kemiripan’ ini merujuk pada penampilan serupa pada sebuah ‘arsitektur’ tumbuhan.

Pakis haji kerap digunakan sebagai tanaman hias. Jenis pakis haji yang sering dimanfaatkan yakni Pakis tanduk rusa, Pakis rane, dan Suplir. Biasanya tanaman-tanaman ini sebagai hiasan di dalam atau luar ruangan. Ada pula pakis haji untuk pelengkap hiasan karangan bunga. Jenis pakis haji tersebut yakni Lysopodium Cernuum.

Pakis haji juga bisa dijadikan bahan masakan. Bahkan, khasiatnya diyakini ampuh untuk osteoporosis dan mengobati infeksi. Sedangkan tanaman pakis yang diolah yakni daun serta batangnya yang masih muda. Contoh masakannya yakni sayur pakis, tumis pakis, gulai sayur pakis. Daun pakis juga cocok untuk lalapan.

Daun pakis haji juga kaya akan vitamin serta zat yang bermanfaat bagi tubuh. Sebut saja vitamin C, vitamin A, betakaroten, kalsium serta fosfor. Dua zat terakhir bisa tingkatkan pembentukan serta kesehatan tulang. Selain itu pakis haji juga bisa diolah untuk obat-obatan. Jenis yang bisa dimanfaatkan yakni Aspidium sp, Lycopodium clavatum, dan Dryopteris filix.

Dengan jumlah klasifikasi yang sangat beragam, tentu saja tanaman pakis haji memiliki sumber manfaat yang bagi manusia. Untuk itu tak ada salahnya menanam tumbuhan ini di kebun atau pekarangan rumah. Selain bisa dijadikan bahan olahan masakan, pakis haji bisa digunakan sebagai obat. Demikian sedikit informasi terkait nama ilmiah pakis haji dan klasifikasinya serta manfaatnya.

Selanjutnya : Bukti Penemuan Avogadro
Sebelumnya: Ternak Burung Jalak Hitam
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar