Nama Ilmiah Tumbuhan Dikotil dan Monokotil


Apakah kalian sedang mencari nama ilmiah tumbuhan dikotil dan monokotil? Apa kalian tahu apa dikotil dan monokotil itu? Dalam pelajaran ilmu pengetahuan alam kita tentu pernah belajar tentang tumbuhan dikotil dan tumbuhan monokotil.

Dikotil adalah tumbuhan berbunga yang memiliki biji berkeping dua. Tumbuhan dikotil memiliki ciri sepasang daun lembaga yang terbelah dua, terbentuk sejak dalam tahap biji sehingga biji tersebut mudah terbelah dua dan jika dibelah  biji tersebut akan memiliki dua keping. Tumbuhan dikotil memiliki akar tunggang,  tulang daun menjari dan akar serta batang tidak dapat berkambium.

Sedangkan tumbuhan monokotil adalah tumbuhan berbunga yang memiliki biji tunggal. Tumbuhan monokotil memiliki ciri berbiji tunggal, berakar serabut, tulang daun sejajar dan memiliki kandungan akar dan batang yang berkambium.

Jika dikelompokkan ke dalam beberapa suku, maka tumbuhan dikotil memiliki beberapa suku. Diantaranya adalah suku jambu-jambuan, memiliki nama ilmiah Myrtaceae dengan ciri-ciri daun berbintik-bintik dan dapat menghasilkan kelenjar minyak. Contoh suku jambu-jambuan ini adalah  jambu air dan jambu biji.

Suku kacang-kacangan, memiliki nama ilmiah Papilionaceae, yaitu tanaman semak berbatang tegak atau merambat. Contohnya kacang tanah, kacang panjang atau kacang hijau. Jarak-jarakan (Euphorbiaceae) seperti jarak dan ubi. Terung-terungan (Solanaceae) contohnya tering atau cabe dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sedangkan kelompok untuk tumbuhan monokotil, di antaranya adalah suku pisang-pisangan, memiliki nama ilmiah Musaceae dengan ciri-ciri bertulang daun sejajar, batang bercabang semu dan memiliki bunga yang banyak.

Contoh suku ini seperti pisang ambon dan pisang raja. Rumut-rumputan (Graminae) memiliki ciri daun yang berbentuk pita, tulang daun sejajar, batang sedikit berongga dan berakar serabut.

Contohnya adalah tumbuhan yang biasa dimanfaatkan sebagai bahan pokok seperti jagung, gandum dan padi. Contoh lainnya yang termasuk ke dalam tumbuhan monokotil adalah pinang-pinangan (Palmae) seperti kelapa dan sagu. Anggrek-anggrekan (Orchidaceae) seperti anggrek dan vanili atau jahe-jahean (Zingiberaceae) seperti jahe dan kunyit.

Demikian nama ilmiah tumbuhan dikotil dan monokotil yang dibahas bersama suku atau family-nya. Mudah-mudahan bermanfaat.

Selanjutnya : Profil Emirates
Sebelumnya: Singapura Dengan Angkatan Militer Terkuat Seasia Tenggara
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar