Memilih Nama Julukan yang Bagus


Nama merupakan doa. Tentu Anda sudah tidak asing dengan kalimat tersebut. Ketika Anda di dalam kandungan, salah satu hal yang dipersiapkan orangtua adalah sebuah nama. Nama yang dicari pastinya nama yang memiliki arti indah dan penuh makna, salah satunya doa yang bagus. Ketika Anda lahir, banyak orang yang bertanya nama Anda. Untuk itulah, sebuah nama memiliki peranan yang sangat penting dalam hidup Anda. Dalam berjalannya waktu, sering muncul juga julukan untuk Anda dalam pergaulan sehari-hari. Nama julukan yang bagus sering dilontarkan teman-teman kita jika tingkah laku kita baik, bukan?

Nama Julukan

Apa sebenarnya tujuan nama julukan itu? Biasanya orang sering memberikan nama julukan sebagai penanda atau ciri khas panggilan seseorang dalam pergaulan sehari-hari. Ada yang diambil dari bagian nama asli pemilik nama. Namun banyak juga nama julukan yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan nama asli pemilik nama. Hal yang sering terjadi adalah nama julukan diberikan sesuai dengan kebiasaan atau ciri khas seseorang.

Nama julukan apa saja yang sering Anda dengar? Atau, apakah Anda memiliki nama julukan? Nama julukan terkadang memiliki arti yang kurang bagus didengar. Nama julukan seperti Si Malas, Si Pecundang, Si Raja Gombal, sering kita dengar di sekitar kita untuk memanggil seseorang yang memang memiliki kebiasaan tersebut.

Sungguh disayangkan bukan jika seseorang yang telah memiliki nama indah, diberi julukan buruk karena kebiasaan buruk yang dimilikinya cenderung membuatnya dijuluki nama-nama tersebut. Namun jangan salah, nama julukan juga terjadi pada orang yang memiliki kebiasaan bagus atau untuk sekadar mengingatnya sebagai orang yang memiliki catatan sejarah bagus dalam hidupnya.

Nama julukan yang bagus misalnya terjadi pada almarhum penyair Rendra. Si Burung Merak merupakan nama julukan yang disematkan masyarakat, khususnya penikmat seni. Ada lagi nama julukan lain bagi pahlawan kita, misalnya Ayam Jantan dari Timur untuk Hasanuddin. Nama-nama julukan tersebut sesuai dengan asal daerah tempat mereka berasal. Masih banyak lagi contoh nama julukan yang dapat dikategorikan bagus dalam kehidupan kita sehari-hari. Nama asli yang terlupakan akibat sering dijuluki dengan nama lain memang sering terjadi. Nama-nama artis biasanya terjadi dalam kasus seperti itu. Nama Wendy Cagur atau Dono Warkop pasti sering Ada dengar melalui media. Nama tersebut sesuai dengan nama grup mereka dan lebih terkenal dibanding nama aslinya. Tahukah Anda nama asli pelawak-pelawak tersebut?

Selanjutnya : Kamus Bahasa Jerman dan Bahasa Indonesia
Sebelumnya: Organ dalam Sistem Pencernaan Serangga
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar