Mengenal Nama-nama Dua Belas Imam dalam Ajaran Islam


Nama-nama dua belas imam dalam ajaran Islam mungkin tidak sering dikupas dalam berbagai kajian, terkecuali di lingkungan pesantren yang memang sarat ilmu tentang agama Islam. Sejumlah ulama sunni memiliki pendapat yang berbeda-beda tentang dua belas imam ini.

Bagaimanapun, dua belas imam ini menjadi pro dan kontra karena banyak yang membicarakan jika imam atau khalifah setelah Nabi Muhammad saw. meninggal pasti tidak terhitung dan tidak terpatok pada 12 imam saja. Meski begitu, ada baiknya kita mengenal sedikit saja mengenai 12 imam ini.

  • Ali bin Abi Thalib. Khalifah pertama dari Bani Hasyim ini adalah suami dari Fatimah Az-zahra, putri Rasululloh saw. Ia mendapat kasih sayang seorang ayah, sekaligus pelajaran agama dari Rasul langsung. Karena pada saat itu, ayahnya yaitu Abu Thalib memiliki anak yang banyak. Ali adalah sosok yang kritis, seorang ahli agama dan ahli sastra yang termahsyhur.
  • Hasan Ibnu Ali. Cucu pertama dari Rasul, buah hati Ali bin Abi Thalib dan Fatimah Az-Zahra ini dikenal sebagai sosok yang baik hati menurut Sunni dan Syi’ah. Nama Hasan tersemat karena pada kelahirannya 622 M, ia lahir dengan gagah dan tampan.
  • Husain Ibnu Ali. Imam ketiga ini adalah saudara Hasan. Ia juga sangat dihormati oleh Sunni dan Syi’ah. Husain mati syahid dalam Pertempuran Karbala.
  • Ali Ibnu Husain. Anak dari Husain Ibnu Ali ini menjadi imam keempat setelah ayahnya. Pribadinya sangat mulia. Ia juga dikenal sebagai As-Sajjad atau ahli sujud.
  • Muhammad Ibnu Ali. Anak dari Ali Ibnu Abdullah Ibnu Abbas ini adalah sepupu Rasululloh saw. yang kemudian menjadi imam kelima.
  • Ja’far Ibnu Muhammad. Ia dikenal juga sebagai Abu Abdillah. Seorang ahli fiqih dan ahli ilmu agama.
  • Musa Ibnu Ja’far. Dia adalah putra dari Ja’far Ibnu Muhammad. Ibunya bernama Hamidah Khatun.
  • Ali Ibn Musa. Ia dijuluki sebagai Imam Zamin’i Tsamin atau Imam ke-8 yang selamat.

Nama-nama dua belas imam dalam ajaran Islam di atas memang kurang lengkap karena tidak banyak literatur yang menulis tentang siapa imam selanjutnya sampai datangnya Imam Mahdi. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Selanjutnya : Panggilan untuk Kekasih yang Romantis
Sebelumnya: Tumbuhan Spermatophyta yang Buahnya Mengandung Mineral dan Vitamin
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar