Nama-Nama Hewan Langka di Dunia


Di dunia ini terdapat jutaan spesies hewan yang tersebar di berbagai wilayah di seluruh dunia. Di antara spesies-spesies hewan tersebut, ada beberapa hewan yang mengalami kelangkaan. Kelangkaan ditandai karena jumlah hewan ada suatu tempat tertentu yang cukup sedikit dan sulit untuk berkebang biak dan bahkan hampir punah. Kelangkaan suatu hewan bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti karena bencana alam, sulitnya berkembang biak, dan lain sebagainya. Berikut ini akan dibahas mengenai nama-nama hewan langka di dunia.

1. Badak Bercula Satu

Badak bercula satu merupakan hewan asli asal Indonesia, yaitu dari Pulau Jawa yang saat ini sudah sangat langka. Jumlahnya sendiri hanya sekitar 40 ekor dan hanya bisa ditemukan di Taman Naional Ujung Kulon.

2. Harimau Siberia

Salah satu hewan langka yang lainnya adalah harimau Siberia. Harimau jenis ini hanya bisa ditemukan di sepanjang Semananjung Korea,bagian Tenggara Rusia, Mongolia, dan Tiongkok. Jumlahnya yang semakin sedikit menjadikan hewan ini merupakan salah satu hewan langka yang ada d dunia.

3. Penyu Hijau

Penyu Hijau merupakan salah satu hewan langka yang ada di dunia. Ciri khas hewan yang satu ini adalah trdapat lemak berwarna hijau di bagan bawah cangkangnya, sehingga dinamakan penyu hijau. Hewan ini dapat ditemukan di Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik.

4. Unta Baktria

Unta Baktria merupakan hewan asli Asia Timur dimana hewan ini mempunyai ciri khas, yaitu adanya dua punuk di punggungnya. Hal ini jelas jauh berbeda dengan unta Arab yang hanya memiliki satu punuk pada punggungnya. Saat ini, jumlah unta jenis ini hanya berkisar 1,4 juta ekor dan merupakan salah satu hewan yang langka di dunia.

5. Komodo

Komodo adalah hewan purba satu-satunya yang masih tersisa yang terdapat di Indonesia, tepatnya di Pulau Komodo Nusa Tenggara. Hewan ini merupakan hewan melata seperti kadal dengan ukuran tubuh yang besar. Komodo merupakan salah satu hewan langka yang ada di dunia dikarenakan jumlahnya yang sedikit dan hanya bisa ditemukan di Pulau Komodo saja.

Demikianlah nama-nama hewan langka di dunia yang sebenarnya masih sangat banyak spesies hewan lain yang dikatakan langka, namun tidak bisa dibahas satu-persatu disini. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : China di Mata AS Mengenai Perekonomiannya
Sebelumnya: Menelusuri Negara Apa di Eropa Barat yang Dihuni Suku Basque
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar