Nama-nama Komponis Keroncong


Keroncong adalah salah satu jenis musik asli Indonesia yang sebenarnya berasal dari Portugis. Ciri khas keroncong adalah menggunakan alat musik bernama ukulele yaitu berupa gitar kecil. Instrument musik lain seperti biola, flute dan lain-lain juga mengiringi musik yang satu ini. Musik keroncong ini sendiri pun menghasikan nama-nama komponis keroncong yang terkenal. Keunikan musik keroncong menjadi perhatan utama sehingga membuat beberapa orang menggemari musik yang satu ini.

Komponis keroncong terkenal seperti Gesang, Anjar Ani, R. Pringadie, Manthous, Koes Plus dan Didi Kempot. Nama musisi Gesang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Gesang memang merupakan salah satu komponis keroncong yang cukup terkenal. Kiprahnya di dunia permusikan mampu melejitkan namanya. Lagu keroncong terkenal ciptaannya yaitu Bengawan Solo. Selain Gesang yang merupakan musisi keroncong asal Solo, kita juga mengenal Anjar Ani. Anjar Ani adalah musisi keroncong yang turut andil dalam langgam Jawa bersama Waljinah.

Selanjutnya R. Pringadie merupakan musisi keroncong asal Jakarta. Ada juga Manthous yang merupakan musisi keroncong asal Yogyakarta. Musik keroncong juga sempat diperkenalkan oleh band terkenal pada zaman dahulu yaitu Koes Plus. Band yang satu ini membawakan lagu-lagu yang masih berbau keroncong. Tentu saja keroncong yang dibawakan bercampur dengan musik rock sehingga menambah keindahannya. Satu lagi komponis keroncong yang tak kalah hebat. Dia adalah Didi Kempot. Penyanyi asal Ngawi ini membawakan lagu-lagu campur sari yang bergenre congdut atau keroncong dangdut.

Demikianlah nama-nama komponis keroncong yang terkenal pada eranya. Saat ini memang sangat dibutuhkan lagi pengembangan musik keroncong karena generasi muda yang lebih menyukai aliran musik barat dibandingkan Indonesia ini sangat mengkhawatirkan akan tenggelamnya ciri khas musik Indonesia yang satu ini. Beberapa musisi muda saat ini pun tengah mengembangkan lagi musik keroncong.

Salah satu contohnya adalah Bondan Prasoko. Beberapa waktu yang lalu Bondan sempat menciptakan lagu yang mengandung musik keroncong yang dicampur dengan musik rock dan rap. Dengan cara seperti inilah Bondan membuat musik keroncong agar tidk tenggelam.  Semoga hal ini bisa memberikan manfaat dan wawasan untuk Anda semua.

Selanjutnya : Harga Notebook di Pasaran Saat Ini
Sebelumnya: Peluang Usaha Bagi Lulusan Boga
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar