Nama-nama Mata Pelajaran SD Kurikulum 2013

Dalam Kurikulum 2013 untuk jenjang Sekolah Dasar (SD), jumlah nama-nama mata pelajaran semakin sedikit. Sebagai konsekuensinya, maka jumlah alokasi waktu setiap mata pelajaran menjadi bertambah. Sistem belajar dalam kurikulum yang baru ini dinamakan pembelajaran tematik integratif.

Mata Pelajaran

Di kurikulum baru ini, mata pelajaran untuk siswa SD dikelompokkan menjadi dua, yaitu kelompok A dan kelompok B. Untuk Kelompok A terdiri dari: Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Matematika, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial.

Sedangkan mata pelajaran untuk Kelompok B terdiri dari: Seni Budaya dan Prakarya, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Dalam Kelompok B ini bisa termasuk muatan lokal seperti bahasa daerah, kesenian daerah dan sebagainya.

Mata pelajaran yang tergabung dalam Kelompok A merupakan mata pelajaran yang berorientasi kepada aspek kognitif dan afektif. Sedangkan mata pelajaran dalam Kelompok B lebih menekankan kepada aspek afektif dan psikomotorik.

Dalam Kurikulum 2013, pengajaran kompetensi dasar IPA dan IPS diintegrasikan dengan mata pelajaran SD lainnya untuk jenjang kelas I sampai III. Sementara untuk jenjang kelas IV sampai kelas VI SD, materi atau konten kompetensi dasar IPA dan IPS berdiri sendiri-sendiri.

Kurikulum 2013 lebih berorientasi kepada keseimbangan sikap, keterampilan dan pengetahuan. Konsep integrasi attitude, skill dan knowledge ini merupakan usaha dalam peningkatan kualitas pendidikan nasional. Kurikulum baru ini dinilai lebih efisien dalam pencapaian kualitas pendidikan nasional tersebut.

Selain ada mata pelajaran di kelas, di jenjang SD juga masih ada kegiatan ektrakurikuler. Ekstrakurikuler yang bersifat wajib adalah Pramuka. Sedangkan kegiatan lainnya adalah Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dan PMR (Palang Merah Remaja).

Itulah nama-nama mata pelajaran SD dalam Kurikulum 2013. Meskipun kurikulum baru ini masih menjadi bahan perdebatan berbagai kalangan, mari kita ambil hal-hal yang positif demi kemajuan dunia pendidikan kita.

Demikianlah ulasan seputar nama-nama mata pelajaran Sd pada 2013. Ya, dari taun ke tahun mata pelajarannya semakin bertambah. Semoga hal ini memberikan pengaruh terhadap kualitas pendidikannya juga.

Selanjutnya : Kisah Pengusaha Toko Bangunan Sukses
Sebelumnya: Panggilan Spesial Orang Pacaran
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini