Nama-nama Merpati Balap Juara


Dalam setiap perlombaan balap Merpati, sering muncul nama-nama Merpati balap baru. Terkadang nama baru yang muncul mampu mengungguli nama Merpati yang langganan juara, dan para pecinta Merpati balap pun sering dibuat takjub.

Misalnya dalam perlombaan balap Merpati bertajuk Lakoni Cup 2013 di daerah Ganjuran, Yogyakarta. Dalam perlombaan ini muncul sebagai pemenang adalah nama baru, yaitu Juliet. Tim Topsong asal Klaten mampu mengungguli tim-tim terkenal seperti Ferary Team Pemalang dan Hoki Team Bandung.

Merpati Balap

Merpati balap Juliet yang digawangi oleh Jamal dan kawan-kawannya ini, mampu mengalahkan Bintang Mandala di babak semifinal. Bintang Mandala adalah milik Ferary Team Pemalang. Sementara di babak final, Juliet mengalahkan Janoko Jr yang dibawa oleh Hoki Team Bandung.

Selain Juliet, Bintang Mandala dan Janoko Jr, muncul nama-nama lain sebagai juara dalam seri perlombaan lainnya. Misalnya dalam seri Galatama 1000 meter, juaranya adalah Alphacino asal Solo. Juara keduanya adalah Siluet asal Jakarta.

Sementara dalam seri lomba Galatama 500 meter, muncul sebagai juara adalah Merpati bernama Siluet asal Jakarta. Peringkat kedua juga Merpati asal Jakarta dengan nama Torres Jr. Seperti diketahui, seri lomba Galatama adalah perlombaan ‘perang bintang’ Merpati balap.

Itulah beberapa nama Merpati balap yang menjadi juara dalam Lakoni Cup 2013. Perlombaan ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh PPMBSI (Persatuan Pelestari Merpati Balap Seluruh Indonesia). Tahun 2013 ini diselenggarakan oleh Pengurus Daerah (Pengda) DI.Yogyakarta.

Dalam tingkat dunia, kita juga mengenal nama Merpati balap legendaris. The King of Rome (Raja Roma) adalah Merpati balap juara yang cukup bersejarah. Merpati ini menjadi pemenang dalam seri pacuan 1.001 mil atau sekitar 1,6 km.

The King of Rome adalah Merpati jantan berwarna biru abu-abu milik Charlie Hudson. Raja Roma ini menjadi juara setelah melintasi Roma, Italia dan berujung di Inggris pada tahun 1913. Setelah kematiannya, The King of Rome kini diawetkan di Museum dan Galeri Seni di Derby, Inggris.

Demikian sekilas tentang nama-nama Merpati balap juara di tanah air. Meskipun terbilang banyak menyita waktu, perlombaan balap Merpati tetap digemari banyak orang. Terbukti nama-nama baru selalu bermunculan dalam perlombaan-perlombaan.

Selanjutnya : Penyebab Penyakit Akibat Kekurangan Gizi pada Bayi dan Balita
Sebelumnya: Panggilan untuk Seorang Pacar yang Romantis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar