Nama-nama Nabi dalam Agama Kristen


Apa saja nama-nama nabi dalam Agama Kristen? Banyak yang menyangka bahwa nabi-nabi hanya ada dalam satu kepercayaan saja. Namun, sebenarnya terdapat  nama-nama nabi dalam agama Kristen. Nabi bagi agama Kristen dianggap sebagai orang yang melamarkan masa depan. Bahkan, ada anggapan bahwa nabi adalah orang yang akan melamarkan akhir zaman

Nabi dalam Agama Kristen

Dalam agama Kristen, Adam adalah manusia pertama sekaligus nabi pertama. Selanjutnya, nabi kedua adalah Enoch. Enoch sendiri merupakan kakek buyut dari Noah, yang sering dianggap sebagai nabi berikutnya. Setelah zaman Noah yang terkenal dengan legenda perahunya berakhir, penerus selanjutnya adalah Heber yang kemudian dilanjutkan oleh Shaleh.

Nabi keenam dalam ajaran agama Kristen adalah Abraham. Abraham dikenal pernah bertualang dengan keponakannya, yaitu Lot yang juga termasuk sebagai nabi. Abraham pun  mempunyai seorang anak yang berbakti, yaitu Ishmael.

Ishmael ini dianggap sebagai penerus dari Abraham dan Lot. Anak Abraham lain, yaitu Isaac juga termasuk orang yang merupakan bagian dari kenabian dalam agam Kristen. Tongkat ini kemudian berlanjut di tangan Yacob yang menurut beberapa sumber dalam literatur keagamaan, Yacob adalah anak dari Isaac.

Nabi kesebelas selanjutnya adalah Yoseph (Joseph). Nabi ini terkenal akan ketampananannya dan kisahnya pun cukup menarik dan terkenal. Setelah generasi Yoseph, selanjutnya kenabian secara terus menerus dilanjut oleh Job, Ezekiel, dan juga Jethro. Setelah itu muncul generasi Jonah. Setelah Jonah dilanjut dengan Moses yang terkenal dengan kisahnya tentang “Sepuluh Perintah Tuhan”.

Selanjutnya nabi ke-17 adalah Aaron. Setelah itu, dikenal Elijah dan Elisha sebagai pengganti Aaron. Nabi ke-20 adalah David.  Kisah David ini  cukup terkenal. Karena selain karena dia juga seorang raja, ia dikenal telah membunuh Goliat, seorang tentara bertubuh besar. Di Kristen sendiri, David dikenal sebagai orang yang menulis  Mazmur.

Setelah David, kemudian dilanjutkan dengan Solomon dan Zechariah. Setelah itu, dikenal nama Yesus. Nabi inillah yang kemudian dianggap oleh agama Kristen sebagai anak Tuhan. Bagi umat Kristiani, Yesus adalah nabi  yang membawa kedamaian bagi umatnya.

Itulah nama-nama nabi dalam agama Kristen. Cerita-cerita  nabi ini ada yang sedikit mirip dengan kisah Nabi Yahudi dan Islam. Kristen sendiri meyakini bahwa Yesus adalah nabi terakhir.

Selanjutnya : Sistem untuk Mendeteksi Tsunami
Sebelumnya: Hadiah Hari Lahir Untuk Sahabat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar