Nama-nama Pahlawan Kemerdekaan


Pahlawan merupakan sosok yang harus kita kagumi dan hormati. Berkat jasa dari pahlawanlah kita bisa menghirup kemerdekaan. Namun tahukah Anda siapa saja nama-nama pahlawan kemerdekaan? Indonesia memiliki banyak sekali pahlawan, tetapi ironisnya banyak sekali masyarakat yang tidak mengenal pahlawannya.

Pahlawan yang kita miliki sangat banyak, bahkan sudah terhitung sejak sebelum kemerdekaan. Gelar pahlawan pun juga beragam, mulai dari pahlawan perjuangan, pahlawan nasional sampai pahlawan kemerdekaan. Nah, pahlawan kemerdekaan ini merupakan mereka yang mempertaruhkan jiwa raganya untuk meraih kemerdekaan. Jadi, ada kriteria yang membedakan mana pahlawan perjuangan dan mana yang kemerdekaan.

Perbedaan dari ketiga gelar pahlawan yang disinggung di atas dilihat dari waktu mereka berjuang. Pahlawan perjuangan diberikan pada mereka yang berjuang pada masa jauh sebelum era kemerdekaan dan berjuang secara sendiri-sendiri di berbagai daerah. Pahlawan nasional diberikan kepada mereka yang masih berjuang setelah masa kemerdekaan. Sedangkan pahlawan kemerdekaan diberikan kepada mereka yang berjuang meraih kemerdekaan.

Pengetahuan mengenai pahlawan kemerdekaan pernah kita dapatkan pada waktu masih duduk dibangku sekolah. Mungkin masih ingat beberapa pahlawan kemerdekaan yang pernah kita lihat di buku-buku pelajaran, tetapi seiring berjalanya waktu daftar pahlawan kemerdekaan makin bertambah. Itu artinya mungkin ada beberapa nama yang belum kita ketahui.

Sebelum kita melihat siapa saja para pahlawan kemerdekaan di Indonesia sebaiknya kita meresapi terlebih dahulu sumbangsih apa yang telah diberikan oleh para pahlawan kemerdekaan dan bisa kita teladani. Berikut beberapa hal yang bisa kita renungi dan teladani dari perjuangan para pahlawan, diantaranya:

•    Rasa setia kepada tanah air yang patut kita tanamkan dalam diri supaya bisa membangun negara menjadi lebih baik.

•    Rasa memiliki dan persatuan sebagai warna negara yang sangat kuat dalam diri pahlawan, kita jadikan sebagai motivasi untuk meningkatkan rasa persatuan.

•    Jiwa rela berkorban yang ditunjukkan oleh para pahlawan juga sebaiknya kita ilhami dalam kehidupan kita sehari-hari.

•    Tidak mementingkan kepentingan pribadi yang ditunjukkan oleh para pahlawan dahulu patut kita apresiasi dan dijunjung tinggi.

•    Berjuang tanpa pamrih yang ditunjukkan oleh para pahlawan kita memberikan kita pembelajaran bahwa melakukan segala sesuatunya dengan niat yang lurus dan hati yang bersih untuk kepentingan bersama.
Berikut ini beberapa nama-nama pahlawan kemerdekaan yang patut kita ketahui dan patut kita teladai semua sifat, semangat dan jiwa pantang menyerah yang dimilikinya dan semoga bermanfaat:

1.    Abdul Muis

2.    Ki Hajar Dewantara

3.    Raden Mas Soerjopranoto

4.    Mohammad Husni Thamrin

5.    Kiai Haji Samanhudi

6.    Oemar Said Tjokroaminoto

7.    Ernest Douwes Dekker

8.    Sisingamangaraja XII

9.    Dr. G. G. G. J Ratulangi

10.    Drt. Soetomo

Selanjutnya : Nama, Gambar, dan Habitat Hewan Langka
Sebelumnya: Yfrog Adalah Aplikasi untuk Berbagi Gambar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar