Nama Nama Pencipta Puisi Terkenal


Pencipta Puisi Terkenal

Nama nama pencipta puisi terkenal yang lahir dari rahim Ibu Pertiwi ini sebenarnya cukup banyak. Namun, nama-nama pencipta puisi yang terkenal cukup langgeng hanya sedikit. Berikut adalah beberapa nama-nama yang cukup populer dalam ranah puisi di tanah air, yaitu:

1. Chairil Anwar

Pada angkatan Pujangga 45 kita mengenal nama pengarang puisi legendaris yaitu Chairil Anwar. Siapa yang tidak kenal dengan puisi ‘Aku’ karya beliau. Puisi ‘Aku” selalu menghiasi buku-buku sastra dan Pendidikan Bahasa Indonesia bahkan semenjak tingkat sekolah dasar.

Karya-karya Chairil Anwar juga dikenal memiliki kekuatan menembus perbedaan zaman. Bahkan, kekuatan puisi-puisi karya beliau masih diakui hingga sekarang. Banyak yang melihat bahwa kekuatan karya-karya Chairil Anwar di sinilah letak kekuatan puisi Chairil Anwar. Yaitu kemampuannya untuk tetap eksis dan digemari sekalipun generasi penikmat sastra sudah berganti dan memiliki selera berbeda.

2. W. S. Rendra

Selanjutnya pengarang puisi yang terkenal lainnya lahir pada era 50-an. Dia adalah WS Rendra, penyair dari Solo. Puisi-puisi WS Rendra yang populer antara lain yaitu; Potret Pembangunan dalam Puisi, Sajak-sajak Sepatu Tua, Balada Orang-Orang Tercinta dan Lain-Lain.

Kepiawaian WS Rendra dalam meramu kata menjadi puisi tidak hanya dikenal di dalam negeri. Akan tetapi tersebar hinga ke luar negeri. Banyak tokoh-tokoh sastra dari luar negeri yang tertarik dengan karya-karya beliau.

3. Taufik Ismail

Taufik Ismail adalah salah seorang penyair yang terkenal di tanah air. Taufik Ismail lahir di Sumatera Barat, 25 Juni 1935. Taufik Ismail tidak hanya dikenal piawai dalam menulis puisi. Akan tetapi beliau juga sangat piawai dalam membacakan puisi di berbagai acara-acara besar di depan orang banyak Puisi-puisi karya beliau yang cukup terkenal yaitu: Puisi-Puisi Langit, Tirani, dan lain-lain. Taufik Ismail juga dikenal sangat akrab dengan penulis-penulis pemula, para guru dan peminat-peminat sastra. Beliau sering mengisi seminar-seminar sastra untuk menyemangati generasi muda agar gemar menulis.

Demikian beberapa nama nama pencipta puisi terkenal di negeri ini. Mungkin Anda bisa menambah daftar nama-nama tersebut dengan nama-nama pencipta puisi lain yang cukup terkenal?

Selanjutnya : Hak dan Kewajiban Suami Istri dalam Hal Materi
Sebelumnya: Jika Tanah Tercemar Menyebabkan Penyakit
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar