Mengenali Nama-nama Perabot Kantor

Nama-nama perabot kantor banyak ragamnya. Anda bisa mengenalinya sesuai dengan manfaat dari masing-masing perabot tersebut. Secara umum, perabot kantor adalah semua jenis barang yang fungsinya untuk menunjang sejumlah pekerjaan kantor. Atau bisa juga dijabarkan sebagai peralatan yang ada kaitannya dengan tulis menulis dan pengarsipan hasil kerja di kantor. Berikut ini yang termasuk perabot kantor.

  1. Perabot penunjang kerja pegawai: meja, kursi, rak, lemari, dan lain-lain.
  2. Mesin kantor: komputer, mesin tik, mesin foto kopi, stensil, OHP, dan slide.
  3. Pesawat kantor: PABX, telepon, fax, internet, intercom, dan lain-lain.
  4. Interior kantor: lukisan, gambar, vas bunga, lampu, dan lain-lain.

Ada pula nama-nama perabot kantor yang memiliki fungsi-fungsi khusus, yaitu peralatan kearsipan seperti :

Loading...

1. Lemari Arsip

Lemari ini khusus menyimpan arsip dengan berbagai bentuk. Beberapa jenis lemari arsip ada yang terbuat dari kaca, kayu atau pun besi dengan dilengkapi daun pintu dan engsel. Ada salah satu jenis lemari arsip yang bisa menyimpan banyak file namun tetap indah dipandang mata karena menghemat ruangan. Namanya lemari roll o pack. Lemari ini memungkinkan arsip disimpan secara horizontal atau mendatar dan lateral atau menyamping dengan bantuan ordner dan map.

2. Filling Cabinet

Lemari arsip ini terdiri atas beberapa buah laci, sekitar 1 sampai 6 laci besar. Dan setiap laci bisa memuat sekitar 5.000 lembar arsip yang diletakkan tegak lurus atau vertikal. Bedanya filling cabinet dengan lemari arsip lainnya adalah ia khusus untuk menyimpan berkas atau arsip yang sifatnya masih aktif.

Dengan kata lain file yang masih diperlukan pegawai kantor dalam ritme kerjanya sehari-hari. File tersebut terlebih dahulu disimpan dalam sebuah hanging folder sebelum ditaruh di dalam filling cabinet. Filling cabinet dilengkapi dengan tab, yaitu bagian yang menonjol di atas map yang fungsinya untuk mencantumkan kode dan tanda petunjuk lain. Selain itu, ada guide atau sekat yang menjadi pemisah antara kelompok arsip satu dengan kelompok arsip lainnya. Guide biasanya terbuat dari karton tebal.

3. Rak Arsip

Rak arsip berupa lemari tanpa pintu yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan arsip yang disusun secara menyamping atau lateral. Umumnya rak arsip terbuat dari besi atau kayu. Setumpuk file yang akan disimpan dalam rak arsip terlebih dahulu disimpan dalam kotak arsip.

4. Tickler File

Masih berhubungan dengan penyimpanan file, alat ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan arsip berupa kartu atau lembar-lembar kecil. Bentuknya seperti kotak, terbuat dari besi, baja maupun kayu. Di dalam perabot ini juga terdapat guide.

Pentingnya mengenali nama-nama perabot kantor supaya Anda lebih cepat beradaptasi dengan dunia kerja. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda untuk menambah referensi nama-nama peralatan kantor  Anda.

Loading...
Selanjutnya : Komik Cerita Ramayana Ayodhya Buatan Anak Negeri
Sebelumnya: Khasiat Buah Melon
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar