Nama Nabi Beserta Nama-nama Rosul dan Umatnya


Nama nabi beserta nama-nama rosul dan umatnya tentu sudah tidak asing lagi dengan Anda. Sebagai manusia beragama Islam, tentunya Anda sangat meyakini adanya rosul dan nabi. Dalam ajaran agama Islam terdapat 25 nabi dan rosul yang sangat wajib untuk diketahui.

Pengertian Nabi dan Rosul

Sebagai umat Islam memang harus mematuhi dan menjalankan perintah yang diberikan oleh Allah SWT, serta menjauhi larangan-Nya termasuk juga dalam meyakini nabi dan rosul. Dalam ajaran agama Islam, setiap umat Islam wajib untuk mempercayai para nabi dan rosul.  Hal ini sesuai dengan rukun Islam yang keempat. Nabi dan rosul mengemban tugas yang diberikan oleh Allah SWT untuk menyebarkan agama Islam.

Istilah nabi dan rosul sebenarnya memiliki kewajiban yang hampir sama, akan tetapi terdapat perbedaan makna antara nabi dan rosul dalam Islam. Dalam agama Islam, kata nabi berasal dari kata naba. Kata naba memiliki pengertian yaitu tentang tempat yang tinggi.

Dengan demikian pengertian dari nabi yaitu seorang laki-laki yang diberi keistimewaan oleh Allah SWT dan harus disampaikan kepada umatnya.  Keistimewaan yang dimaksud adalah wahyu yang berasal dari Allah SWT.

Sedangkan rosul berasal dari kata risala yang memiliki arti tentang penyampaian. Dengan demikian pengertian dari rosul yaitu seorang laki-laki pada zaman tertentu  yang diberi keistimewaan oleh Allah SWT untuk disampaikan kepada umatnya . Keistimewaan tersebut berupa wahyu yang berasal dari Allah SWT.

Dalam hal ini yang menjadi pembeda antara makna dari istilah nabi dan rosul yaitu bahwa nabi tidak memiliki kewajiban atas umat dan wilayah tertentu, dan hanya berhak untuk menyampaikan wahyu saja.  Sedangkan rosul memiliki kewajiban atas umat dan wilayah tertentu serta memiliki kewajiban untuk menyampaikan wahyu kepada para umatnya.

Nama-nama dari Nabi dan Rosul

Dalam agama Islam, terdapat 25 nama nabi beserta nama-nama rosul dan umatnya yang wajib untuk diyakini. Nabi dan rosul paling terakhir serta mendapatkan sebutan Rasulullah adalah nabi Muhammad SAW yang memiliki kewajiban atas seluruh umat Islam serta wilayah yang ada di seluruh jagat raya. 25 nama nabi dan rosul yang wajib diketahui yaitu Adam as, Idris as, Nuh as, Hud as, sholeh as, Ibrahim as, Luth as, Ismail as, Ishaq as, Ya’kub as, Yusuf as, Ayub as, Suaeb as, Musa as, Harun as, Zulkifli as, Daud as, Sulaiman as, Ilyas as, Ilyasa as, Yunus as, Zakariya as, Yahya as, Isa as, Muhammad SAW.

Demikian informasi yang berkaitan dengan nama nabi beserta nama-nama rosul dan umatnya. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Anda. terima kasih.

Selanjutnya : Reputasi Bhinneka.com Memuaskan! Situs Jual Beli Online Terbesar di Indonesia
Sebelumnya: Posisi Menyusukan Bayi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar