Nama-Nama Tokoh Agama Islam Sedunia Penemu Ilmu Pengetahuan


Nama-nama tokoh agama Islam sedunia akan mengingatkan kita pada beberapa ilmuwan Arab  yang sampai saat ini belum diakui sebagai tokoh Islam. Namun,kenyataannya bahwa banyak tokoh Islam  yang menjadi pelopor ilmu pengetahuan, malah yang terjadi pengakuan ada pada masyarakat barat.

Seorang visioner yang berbakat tinggi Carli Fiorina, seorang CEO hewlet Packard, mengemukakan bahwa yang menciptakan bangunan dan mendesainnyaadalah arsitek, yang menciptakan rumus adalah aljabar dan algoritmadan juga penamaan bintang yang ada di langit, dan ada juga para sastrawan yang menciptakan kisah perjuanganataau pun kisah cinta.

Saat pengetahuan ini tumbuh, ada peradaban lain yang ingin menghapuskan ilmu pengetahuan tersebut, namun peradaban ini mempertahankan penemuan ini agar tetap ada. Pada saat itu, masih berdiri Dinasti Ottoman dan Kota Baghdad, kita seharusnya merasa berhutang budi pada matematikawan Arab tersebut. Nama tokoh Islam  yang sangat berjasatersebut yaitu, Abu Abdullah Al Batani adalah ahli astronomi, Jabir Ibnu Hayyan adalah bapak kimia dari dunia Islam .

Penemuan Abu Abdullah Al Batani yang juga seorang astronom mengenai perhitungan bumi yang mengelilingi pusat tata surya mendekati keakuratannya, yaitu 365 hari, 5 jam, 46 menit, 24 detik. Karyanya yang paling popular adalah dimana ia membuat buku al-zij al-sabi. Dimana isinya memuat tentang perkiraan awal bulan yang baru atau disebuth ilal, perkiraan panjang matahari, dan koreksi mengenai orbit bulan dan planet tertentu.

Bukunya ini menjadi rujukan astronomi barat untuk beberapa abad. Selanjutnya Jabir Ibnu Hayyan, ia adalah orang pertama yang memberikan ilmu tentang kimia di dunia. Banyak buku tentang ilmu kimia yang diterjemahkan oleh orang Eropa dalam bahasa Latin. Bukunya yang paling terpenting, Al-Istitmam sudah diterjemahkan kedalam bahasa Jerman. Dalam hal ini orang Eropa tidak akan dapat memberi pendapat jika tidak berdasarkan ilmu yang telah tercipta oleh penemu Arab tersebut.

Nama-nama tokoh agama Islam  sedunia bukan saja hanya dua orang tersohor ini, masih banyak tokoh dunia yang mungkin akan mencengangkan kita jika kita menelusurinya lebih dalam. Tapi sangat disayangkan, kita sebagian besar lebih sering membicarakan penemu dari bangsa Eropa.

Namun, lupa bahwa segala ilmu pengetahuan adalah berasal dari bangsa Arab terutama dari pemilik agama Islam . Semoga dua penemuan ini dapat menjadi pembelajaran bagi umat Islam.

Selanjutnya : Sayuran Hidroponik dan Cara Menanamnya
Sebelumnya: Manfaat Sayuran buat Ibu Hamil
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar