Nama-nama Tokoh Ilmuwan Islam

Artikel ini akan membahas nama tokoh ilmuwan islam. Tokoh-tokoh ilmuwan islam sangat banyak sekali, tapi kali ini saya akan membahas ilmuwan bidang kedokteran saja. Nama-nama berikut banyak dilupakan dan terganti oleh ilmuwan-ilmuwan barat. Diantara tokoh ilmuwan itu adalah :

•    Thabib Bin Qurra beliau adalah penulis dan pemikir bidang kesehatan. Dilahirkan di Haran (Turki) dan meninggal di Baghdad (Irak). Karyanya di bidang kedokteran adalah kitab zakhirah, auja’il kalli wa al-masani, kitab almaulud ibn sab’ata almufrodah. Selain di bidang kedokteran thabib bin qurra juga seorang astonomi dan ahli matematika, karyanya berupa buku sumber dasar bagi umat islam dalam ilmu bilangan.

•    Al-Bakhi adalah seorang perintis pengobatan penyakit jiwa, dilahirkan pada tahun 850 dan wafat pada tahun 934. Karyanya berjudul Masalih Al-Abdan Wa An-Anfus. Pengobatan penyakit jiwa sudah ada di kota baghdad jauh sebelum Barat mengenal penyembuhan penyakit jiwa. Konsep kesehatan mental diperkenalkan oleh Abu Zayd Ahmad Ibnu Sahl Al Bakhi.

•    Ar-Razi merupakan ahli ilmu anatomi lahir pada tahun 251 H dan wafat pada tahun 313 H. karyanya adalah kitab Mansuri yang didalamnya menyebutkan seluruh anggota tubuh dan penjelasannya dan fungsinya masing-masing yang ditulis secara rinci. Beliau juga seorang kimiawan yang mampu mengobai pasennya dengan makanan.

•    At- Tabrani adalah seorang ahli terapi konseling dan psikoterapi nama aslinya adalah Ali ibnu Sahl Rabban at Tabari. Karyanya adalah kitab Firdaus Al Hikmah. Beliau mengembangkan ilmu psikoterapi untuk penyembuhan orang yang terganggu jiwanya.

•    Ibnu an nafis adalah seorang yang menemukan sirkulasi paru-paru pada abad ke-13. Sedangkan ilmuwan eropa menemukan konsep sirkulasi pernafasan pada abad ke-16. Tulisan yang berjudul Comentary on the Anatomi of canon of Avicena belakangan diakui sebagai karya Ibnu an Nafis.

•    Az zuhr seorang yang menemukan penyakit saraf.  Beliau berhasil mengungkap penyakit syaraf secara akurat. Dunia kedokteran berhutang terhadap ilmuwan muslim yang telah memberi sumbangan yang berarti bagi neuropharmakology modern.

•    Aljahiz atau nama lengkapnya Abu utsman amr bin Bahr al-Fuqaymi al-Bashri, beliau merupakan peletak dasar teori revolusi karyanya lebih dari 100 judul buku meliputi bidang botani, biologi, zoology, sosiologi politik dan ekonomi, namun yang bisa diselamatkan hanya sekitar 30 karya ketika kebakaran menimpa perpustakaan Baghdad.

Itulah sekilas mengenai nama tokoh ilmuwan islam, mudah-mudahan bisa menginspirasi umat muslim untuk terus berkarya.

Selanjutnya : Berbagai Cerita Kehidupan Malam Remaja di Surabaya yang Berdampak Negatif
Sebelumnya: Upaya Penanggulangan Bahaya Narkoba
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

loading