Nama-nama Tokoh Perumusan Pancasila


Mengenal nama-nama tokoh perumusan pancasila.Siapa saja mereka yang berperan dalam pembentukan dasar negara Indonesia, yaitu pancasila.  Pancasila merupakan dasar ideologi Negara Indonesia. Pancasila berasal dari nama sansekerta, yang memiliki arti panca yang artinya adalah lima dan sila yang artinya adalah prinsip atau asa.

Pancasila dibuat sebagai rumusan dan pedoman bangsa Indonesia dalam hidup berbangsa dan bernegara.Mengingat perlunya memiliki dasar negara, maka beberapa tokoh merumuskan dasar negara Indonesia Republik Indonesia, tokoh tersebut adalah Ir. Soekarno, Drs. Mohammad hatta, Mr. Soepomo, Mohammad yamin, K.H.Agus Salim, dan K.H. Abdul Wahid Salim

Beberapa hasil rumusannya dalam waktu berbeda dikemukakan oleh beberapa tokoh perumus, hasilnya itu antara lain adalah sebagai berikut:

•  Pada 29 Mei 1945, Mohammad Yamin, pada sidang BPUPKI dengan judul “Asas dan Dasar negara Kebangsaan RepubliK Indonesia” isinya adalah peri kebangsaan, peri kemanusiaan, peri ke-Tuhanan, peri kerakyatan, peri kesejahteraan untuk rakyat.

•  Lalu  Mr. Soepomo dalam sidang BPUPKI, 31 Mei 1945, isi pemikirannya tersebut adalah negara yang akan dibuat atau dibentuk haruslah sebuah negara interigralistik yang berdasarkan persatuan, kekeluargaan, keseimbangan antara lahir dan juga batin, musyawarah, keadilan sosial.

•  Kemudian pada 1 Juni tahun 1945, Ir Soekarno menyampaikan pemikirannya tentang dasar dari negara Indonesia yang merdeka, yaitu Kebangsaan negara Indonesia,Internasionalisme atau disebut juga Perikemanusiaan, Mufakat atau disebut juga Demokrasi, Kesejahteraan di bidang Sosial, dan Ketuhanan Yang maha Esa.

Dilatar belakangi kejadian G30S/PKI padatahun 1965 yang sempat membuat cemas masyarakat Indonesia yang disebabkan oleh gerakan PKI yang ingin menggantikan pancasila menjadi ideologi komunis. Kemudian mereka melakukan upaya kudeta yang melibatkan beberapa jendral. Beberapa diantaranya meninggal dibunuh, namun upaya tersebut gagal terlaksana.

Berkat kesadaran yang tinggi untuk mempertahankan pancasila. Kemudian ditetapkanlah pada 1 September sebagai hari kesaktian pancasila. Sejak saat itu setiap 1 September bangsa Indonesia memperingati dasar negaranya yaitu Pancasila.

Semoga dengan artikel ini kita dapat mengenal nama-nama tokoh perumusan pancasila, mengenang dan mengingat perjuangan mereka dalam mempertahankan dasar negara Indonesia.

Selanjutnya : Trichinella spiralis, Nama Spesies Cacing Otot Penyebab Penyakit Trichinosis
Sebelumnya: Ketergantungan dan Penyalahgunaan Obat Terlarang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar