Nama-nama untuk Calon Bayi


Membuat daftar nama-nama untuk calon bayi biasanya dilakukan oleh orang tua yang menanti kelahiran anaknya. Waktu menjelang kehadiran calon buah hati adalah saat-saat yang mendebarkan sekaligus membahagiakan.

Kewajiban orang tua saat menyambut kelahiran sang buah hati di antaranya adalah memberikan sebuah nama. Kadang ada pasangan yang jauh-jauh hari telah menyiapkan beberapa nama untuk calon buah hatinya. Biasanya, mereka menyiapkan dua pilihan nama, untuk laki-laki dan perempuan.

Dua buah nama disiapkan karena jenis kelamin calon bayi tidak ada yang tahu sebelum dia lahir. Setelah sang bayi lahir dan diketahui jenis kelaminnya, baru kemudian dipilih nama yang sudah disiapkan apakah laki-lakai atau perempuan.

Nama-nama bayi umumnya didasarkan oleh hal-hal yang mengiringi kelahiran sang bayi. Misalnya berikut ini:

- Berdasarkan tanggal lahir sang bayi. Misalnya dalam budaya Jawa ada nama Eko, Dwi, Tri, dan sebagainya untuk menandai tanggal satu (eka), dua (dwi), tiga (tri) dan seterusnya.

- Berdasarkan bulan lahir sang bayi. Contohnya bayi yang lahir bulan Februari diberi nama Febri atau Febrian jika laki-laki dan Febriyanti atau Febriani jika perempuan.

- Berdasarkan waktu kelahiran bayi. Misalnya, lahir di siang hari diberi nama Awan, Mega, dan sebagainya. Lahir pagi hari diberi nama Fajar, Surya, dan lain-lain.

Selain berdasarkan hal-hal tersebut, pemberian nama bayi banyak dipengaruhi oleh faktor budaya dan agama dari orang tuanya. Misalnya pemakaian nama tokoh dalam agamanya, nama marga, nama silsilah keluarga dari kakek-buyutnya, dan sebagainya.

Dalam agama Islam, pemberian nama bayi tidak boleh sembarangan dibuat karena nama mengandung do’a. Jadi, orang tua meski hati-hati dalam memilih nama untuk calon buah hatinya. Selain mengandung do’a, nama sang anak akan terus dibawa sebagai identitas seumur hidupnya hingga di akhirat kelak.

Demikian ulasan tentang menyiapkan nama-nama untuk calon bayi yang harus dilakukan oleh orang tuanya. Nama yang dibuat hendaknya tidak asal indah dan bagus, tetapi juga mesti mengandung doa yang baik bagi masa depan anak kelak.

Selanjutnya : Tipe BB yang Paling Bagus Harga Kisaran 3 Jutaan
Sebelumnya: Buah Obat Sariawan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar