ASEAN, Nama Organisasi di Asia Tenggara


Di dunia terdapat lima benua, yang terdiri atas Benua Asia, Benua Amerika, Benua Afrika, Benua Australia, dan Benua Eropa. Masing-masing benua terdiri atas wilayah-wilayah, seperti Benua Asia (merupakan benua terbesar) terdapat Asia Tenggara, Asia Tengah, Asia Timur, Asia Barat, Asia Selatan, dan Asia Utara.

Negara-negara yang ada di Asia bagian Tenggara saling bekerja sama dan mendirikan ASEAN. ASEAN merupakan singkatan dari Association of South East Asia Nations. Merupakan organisasi kerja sama antar banyak negara di Asia Tenggara.

ASEAN berdiri di Bangkok pada 1967, tepatnya tanggal 8 Agustus. Pemrakarsanya adalah para menteri luar negeri dari negara-negara Asia Tenggara yaitu Adam Malik (Indonesia), Tun Abdul Razak (Malaysia), Thanat Khoman (Thailand), Narsisco Ramos (Filipina), S Rajaratnam (Singapura).

Saat ini negara anggota ASEAN bertambah yaitu 11 negara terdiri atas Indonesia, Malaysia, Thailand, Myanmar, Brunei Darussalam, Filipina, Laos, Kamboja, Singapura, Timor Leste, dan Vietnam.

Organisasi Sebelumnya

Sebelum berdirinya ASEAN ada sejumlah organisasi. Nama organisasi di Asia Tenggara tersebut iadalah SEATO atau South East Asia Treaty Organization yang berdiri pada 8 September 1954. Organisasi ini menjalin kerja sama di bidang pertahanan dan keamanan. Pendirian organisasi ini bertujuan untuk menghadapi perluasaan kekuatan dan kekuasaan negara-negara komunis yang dipimpin oleh Uni Soviet.

Tahun 1961 berdiri organisasi ASA atau Association South East Asia. Negara pendiri ASA yaitu Filipina, Thailand, dan Malaysia. Tahun 1963 kemudian didirikan Maphilindo. Organisasi ini didirikan oleh tiga negara yaitu negara Malaysia, Filipina, dan Indonesia.

Tujuan ASEAN

Berdasarkan deklarasi Bangkok, tujuan berdirinya ASEAN yaitu mengoptimalkan tumbuh kembang dalam bidang ekonomi bagi negara-negara ASEAN, mengupayakan perdamaian dan keadaan stabil pada setiap regional, memperbanyak kerja sama dan saling melengkapi dan membantu dalam menangani kepentingan bersama. ASEAN juga saling bekerjasama dalam peningkatan di bidang pertanian, industri, perdagangan, dan sarana transportasi atau pengangkutan. Selain itu, juga berupaya untuk sama-sama memelihara hubungan baik dengan organisasi skala internasional atau regional.

Demikian sekilas mengenai nama organisasi di Asia Tenggara dan tujuannya.

Selanjutnya : Daftar Nama Produk Mustika Ratu Lulur untuk Kulit
Sebelumnya: Mengenal Fungsi Sistem Endokrin
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar