Nama Pakaian Adat DKI Jakarta


Seiring dengan terpilihnya Joko Widodo sebagai Gubernur DKI Jakarta, maka pakaian adat Betawi pun kembali naik pamor. Hal ini tak lepas dari kebiasaan Joko Widodo atau Jokowi dalam membuat aturan penggunaan pakaian adat di pemerintah daerah tempatnya memimpin.

Padahal para penduduk DKI Jakarta yang sudah bertahun-tahun tinggal di Jakarta, sudahkah mengetahui nama pakaian adat DKI Jakarta sendiri? Jika belum, yuk kita simak ulasan mengenai pakaian adat DKI Jakarta berikut ini.

Pakaian Adat Jakarta

Kebaya wanita khas Betawi biasa juga disebut dengan nama kebaya “encim”. Biasanya kebaya encim ini dikenakan untuk menghadiri acara resmi. Pakaian wanita sehari-hari khas Betawi adalah baju kurung lengan pendek. Terkadang baju kurung ini memiliki saku di bagian depan. Pakaian tersebut dipadankan dengan kain batik sarung. Sebagai pelengkap dapat dikenakan kerudung.

Nama pakaian adat Betawi untuk pria adalah “sadariah” atau baju koko. Biasanya sadariah ini dipadankan dengan celana batik dan peci ketika dikenakan oleh pria. Baju koko atau sadariah, celana batik, kain pelekat dan peci dapat dikenakan sebagai pakaian sehari-hari, namun di beberapa daerah Betawi pinggiran para pria mengenakan pakaian adat ini untuk ke acara resmi seperti pesta.

Kaum pria Betawi dewasa biasanya mengenakan ujung serong. Ujung serong ini adalah suatu jas tertutup yang dipadankan dengan celana pantalon. Kemudian setelan pakaian tersebut dilengkapi dengan kain batik yang dikenakan di sekitar pinggang dengan ujung yang diserong di atas lutut, dan diselipkan dengan pisau raut. Sebagai aksesori pakaian dapat ditambahkan jam saku rantai atau kuku macam. Kopiah atau liskol digunakan sebagai penutup kepala dan sepatu pantovel sebagai alas kaki.

Jenis pakaian adat Betawi ini biasa dikenakan oleh “demang” pada zaman dahulu. Pada ajang abang none Jakarte, biasanya pakaian yang dikenakan oleh abang jakarte adalah ujung serong ini. Tetapi tidak menggunakan jam saku rantai dan kuku macan, penutup kepala yang dikenakan adalah liskol.

Demikianlah sekilas penjelasan mengenai nama pakaian adat DKI Jakarta atau Betawi dengan ciri-cirinya.

Selanjutnya : Universitas Termahal di Jakarta
Sebelumnya: Manfaat Beriman Terhadap Kehidupan Seseorang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar