Dua Nama Seniman yang Pernah Berkarya di Luar Negeri


Indonesia memiliki seniman-seniman kreatif dan luar biasa yang sangat membanggakan. Para seniman tersebut tidak saja berhasil menelurkan karya-karya di dalam negeri, tetapi juga pernah berkarya dan melakukan pameran atau pertunjukkan di luar negeri. Ada dua nama seniman yang pernah berkarya di luar negeri. Kedua seniman tersebut berasal dari bidang seni yang berbeda, tetapi tetap membanggakan nama Indonesia.

1. Ki Anom Suroto

Ki Anom Suroto merupakan seorang dalang wayang kulit purwa legendaris yang lahir di Juwiring, Klaten, Jawa Tengah 11 Agustus 1948. Selain aktif sebagai dalang, Ki Anom Suroto pun mengajarkan ilmunya dan membimbing dalang-dalang muda di berbagai daerah.

Selain segudang prestasi yang telah diraihnya di dalam negeri sebagai dalang, Ki Anom Suroto pun pernah melakukan pentas wayang kulit di lima benua. Beliau menjadi satu-satunya dalang yang pernah pentas di lima benua. Beberapa negara yang pernah dikunjunginya, antara lain Amerika Serikat, Spanyol, Jepang, Australia, Jerman Barat, dan masih banyak negara lainnya. Ki Anom Suroto juga pernah dikirim ke beberapa negara, seperti Nepal, Thailand, India, Mesir, dan Yunani untuk menambah ilmu perdalangan tentang dewa-dewa.

2. Zaini

Zaini merupakan seniman lukis yang lahir di Pariaman (17 Maret 1926 – 25 September 1977). Ia beraliran impresionis dan mendapatkan pelajaran dasar melukis pertamanya dari Wakidi, di INS Kayutanam. Ia pun pernah belajar melukis dari beberapa pelukis ternama Indonesia, seperti Affandi, S. Soedjojono, dan Basuki Abdullah.

Zaini sudah banyak membuat pameran lukisan di dalam negeri. Selain pameran-pameran dalam negeri, beliau pun pernah melakukan pameran di beberapa negara, di antaranya di Sao Paulo Brazil (1953), Den Haag Belanda (1954), New Delhi India (1958, 1963, dan 1971), Yugoslavia (1963), dan Tokyo Jepang (1964 dan 1966).

Kedua nama seniman yang pernah berkarya di luar negeri tersebut sudah seharusnya kita apresiasi. Mereka sudah mengharumkan nama bangsa dan mengenalkan karya-karya terbaiknya. Salah satu bentuk apresiasi yang bisa kita berikan adalah dengan menghargai karya-karya mereka dan terus bangga, serta mendukung regenerasi penerus mereka di masa kini dan masa mendatang.

Selanjutnya : Mengenal Visi dan Misi dalam Perusahaan
Sebelumnya: Sekilas Tentang Perusahaan Retail dan Jasa
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar