Nama Sistem Pemerintahan Spanyol


Nama sistem pemerintahan Spanyol yakni memiliki sifat monarki parlementer. Adapun nama ibukotanya yakni Madrid. Negara satu ini dikenal oleh para penduduk dunia dengan sebutan negara Matador. Secara umum, Spanyol terletak di benua Eropa tepatnya Eropa bagian barat daya. Batas darat negara Matador ini yakni Pegunungan Pirenia dengan Prancis, Andorra. Nah, selanjutnya bagaimana sebenarnya sistem pemerintah, wilayah, sistem ekonomi dan hal lain berkaitan dengan Spanyol?

Sistem Pemerintah dan Ekonomi Spanyol

Sistem pemerintahan Spanyol dinamakan monarki parlementer. Karena sistem pemerintahannya itu, Spanyol dipimpin oleh seorang raja sebagai pemegang kekuasaan paling tinggi di negaranya. Sistem pemerintahan dengan sebutan monarki parlementer menempatkan kekuasaan eksekutif berada pada kabinet (perdana menteri) dengan pertanggungjawabannya kepada parlemen. Lalu, bagaimana keberadaan rajanya? Raja hanya sebagai kepala negara dengan kedudukan tidak dapat diganggu gugat oleh siapapun.

Masa kejayaan Spanyol yang ditunjukkan sebagai imperium dunia serta hampir seluruh benua Amerika dikuasainya yaitu ketika abad XVI dan XVII. Semenjak 22 November 1975, Kepala  Negara Spanyol bernama Raja Juan Carlos I dan kini dipegang oleh Jose Luis Rodriqueaz Zapatero. Spanyol juga memiliki sistem otonomi. Sistem otonomi Spanyol meliputi 17 komunitas otonom dengan tingkatan hampir sama dengan provinsi.

Nah, bagaimana juga dengan sistem ekonomi Spanyol? Ternyata sistem ekonomi negara ini termasuk sistem ekonomi campuran. Spanyol menempati urutan kelima di wilayah Eropa serta kesembilan di dunia dengan sistem ekonominya tersebut. Wajar saja jika negara Matador ini juga investor terbesar ketiga di dunia.

Wilayah dan Iklim Spanyol

Wilayah dan iklim Spanyol penting juga untuk diketahui sebagai tambahan pengetahuan kita mengenai salah satu negara di benua Eropa ini. Pada bagian barat, negara ini dibatasi oleh Portugal serta bagian selatan dibatasi Gibraltar dan Maroko di selatan. Prancis dan Andorra menjadi batas timur laut. Sedangkan iklim Spanyol terbagi menjadi empat bagian yakni mediterania, daerah dalam, pesisir utara serta Canary. Semoga beragam informasi mengenai Spanyol terutama nama sistem pemerintahan Spanyol bermanfaat bagi para pembaca yang budiman.

Selanjutnya : Menyulap Daging Kelapa Muda Menjadi Berbagai Kuliner
Sebelumnya: Fakta Seputar Hal-hal Mengenai Musik Jazz
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar