Nama Tokoh Deklarasi Bangkok dalam Pembentukan ASEAN


Organisasi ASEAN menjadi organisasi internasional yang mewadahi negara-negara Asia Tenggara dalam berbagai hal. Pada mulanya, organisasi ini tebentuk dari adanya perjanjian yang disebut sebagai Deklarasi Bangkok.

Dalam deklarasi tersebut pun disinggung beberapa nama tokoh Deklarasi Bangkok yang terkenal sampai sekarang. Dengan adanya deklarasi Bnagkok ini, maka orgnisasi ASEAN resmi berdiri pada tanggal 8 agustus 1967.

Dalam Deklarasi Bangkok, ada lima nama tokoh penting yang menandatangani keputusan tersebut. Kelima orang tersebut adalah Adam Malik yang berasal dari Indonesia, Tun Abdul Razak dari Malaysia, S. Rajaratnam dari Singapura, Nercisko Ramos dari Filipina dan Thanat  Khoman dari Thailand.

Pembentukan organisasi ini dilakukan karena pada saat itu terjadi masalah lingkungan dan kesehatan di wilayah Asia Tenggara sehingga sebuah organisasi dinilai dapat mengatasi hal tersebut dengan cara saling membantu. Selain itu, ada beberapa tujuan lain dibentuknya ASEAN seperti melakukan pengembangan kebudayaan.

Dengan adanya kerjasama antarnegara, maka secara otomatis dapat dilakukan pengembangan budaya sehingga budaya suatu negara  dapat dipertunjukkan di negara lain sehingga menambah wawasan. Selain itu ASEAN juga dibentuk untuk kemajuan sosial khususnya untuk masyarakat dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah.

Bukan hanya masalah budaya dan sosial saja yang diperhatikan, masalah keamanan dan perdamaian juga menjadi tujuan utama khususnya di wilayah Asia Tenggara.

Organisasi ini juga akan membentuk kerjasama dimana setiap negara akan saling bentu membantu dalam menghadapi masalah ekonomi, ilmu pengetahuan, budaya dan lain-lain.

Hal yang paling penting lainnya adalah untuk meningkatkan kerjasama dalam hal perdagangan internasional. Perdagangan internasional menjadi kunci utama dalam peningkatan pendapatan negara.

Dengan adanya kerjasama ini, maka negara-negara di wilayah Asia Tenggara yang tergabung dalam ASEAN bisa saling bekerjasama dan saling menguntungkan.

Nama tokoh deklarasi Bangkok yang disebutkan sebelumnya menjadi saksi akan kelahiran organisasi internasional yang sangat bermanfaat ini dan masih ada hingga sekarang. Semoga ke depannya organisasi ini bisa menjalankan visi misinya dengan lebih baik lagi dan mencapai semua target yang telah ditetapkan.

Selanjutnya : Cara Membuat Karangan yang Bertema Liburan
Sebelumnya: Belajar Tajwid: Macam-macam Mad dalam Al-Qur’an
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar