Nama Tokoh Ekonomi Islam yang Berpengaruh


Nama tokoh ekonomi Islam yang berpengaruh di dunia sangatlah banyak. Ilmu-ilmu mereka sejak pertama kali dikenalkan pada masyarakat, baik secara langsung maupun melalui karya buku telah banyak mempengaruhi lingkungan sekitar bahkan dunia sampai saat ini. Awalnya dunia hanya mengenal Ibnu Khaldun sebagai bapak ekonomi dunia Islam. Kemudian para ilmuan bidang ekonomi banyak menggali tokoh-tokoh lainnya.

Tokoh Ekonomi Islam

1. Ibnu Khaldun. Lahir di Tunisia, Ibnu Khaldun mempelajari banyak ilmu seperti sosiologi, histografi dan ekonomi. Meski banyak ilmu yang dipelajarinya, ia lebih dikenal sebagai bapak ekonomi. Ia meletakkan dasar pajak, belanja negara dan beberapa teori produksi.

Menurutnya, pajak harus dibayarkan oleh wajib pajak dengan tepat dan disalurkan secara adil. Urusan belanja negara harus difokuskan pada melayani kaum dhuafa atau fakir miskin dan fasilitas kesehatan publik.

2. Zaid bin Ali. Cucu Husain bin Ali ini dikenal sebagai ahli fikih pada masanya. Ia meletakkan dasar ekonomi mengenai jual beli. Pada urusan jual beli tunai, dibolehkan menetapkan harga lebih tinggi dari pada jual beli kredit.

3. Abdurrahman Al-Awza’i. Pada kekhalifahan Bani Umayyah, Abdurrahman Al-Awza’i meletakkan sebuah pemikiran ekonomi dimana orang-orang dibebaskan membuat kontrak, memberlakukan bagi hasil dalam hasil pertanian sesuai kebutuhan masing-masing serta bagi hasil lainnya.

Syirkah dan sharecropping sudah mulai dikenalkan. Masyarakat luas kemudian mengenal sistem mudharabah dimana ada satu pihak atau lebih bekerja sama dan pemilik modal mempercayakan modalnya pada pengelola melalui perjanjian di awal.

4. Imam Abu Hanifah An-Nu’man. Dasar ekonominya terletak pada kejelasan mengenai komoditi, kualitas,kuantitas dan tempat pendistribusian. Dalam transaksi murabahah,yaitu antara Bank dan nasabah, barang perlu disyaratkan sesuai dengan perjanjian transaksi.

5. Malik Bin Anas. Menurut Malik Bin Anas, kebijakan ekonomi yang ada harus sejajar dengan kesejahteraan masyarakat. Dia juga membenarkan tindakan pemerintah yang meminta pajak lebih jika diperlukan bagi kesejahteraan masyarakat.

Nama tokoh ekonomi Islam di atas mungkin hanya sebagian kecil saja yang pernah diabadikan dalam dunia literasi. Masih banyak tokoh berpengaruh lainnya yang kebijakannya telah digunakan bangsa dunia meski namanya tidak terlalu terdengar.

Selanjutnya : Mengenal Paket Layanan Telkomsel Flash
Sebelumnya: Pengeratan Batang Karet dan Proses Panennya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar