Mengenal Nama Tokoh Matematika Phytagoras dan Tanggal Lahirnya


Bagaimana sejarah phytagoras? Nama tokoh matematika Phytagoras dan tanggal lahirnya terdengar rancu di sejumlah literasi karena tidak ada yang tahu pasti kapan ahli matematika kelahiran Yunani Selatan lahir.

Tokoh Phytagoras

Sejarah hanya mencatat tahun dan tempat kelahirannya, yaitu 580 SM di Pulau Samos. Anak dari pedagang bernama Mnesarchus ini senang menjalin hubungan dengan para ahli Matematika dari India, Babilonia, dan Mesir.

Dari sanalah kemampuannya di bidang Matematika semakin terasah. Sebagian besar orang Yunani memang senang bertualang mencari apa yang menjadi fokus dan pertanyaan besar dalam hidupnya.

Ketika pindah ke Italia, tepatnya di Crontona, ia banyak menjelajahi situs-situs bersejarah dan bangunan kuno yang kemudian semakin menggairahkan untuk mengadakan penelitian.

Pertemuanya dengan Thales pada usia 18 tahun membutnya mengenal ilmu matematika dengan lebih baik dan terarah. Apa yang dipercayai Phytagoras adalah angka bukan unsur seperti yang kebanyakan orang percaya layaknya air dan udara. Suatu unsur dari semua benda.

Angka-angka, menurutnya bukan anasir alam. Baginya, harmoni bisa terjadi karena angka. Jika segala hal berupa angka, maka segala sesuatu tidak hanya bisa dihitung, diukur, dan dinilai dengan angka secara teratur dan proposional, tetapi juga segala sesuatunya menjadi seimbang dan harmonis. Tata tertib itu terjadi berkat eksistensi dari angka-angka.

Kita semua tentu pernah belajar tentang teorema Phytagoras ketika masih SD dulu, bahwa kuadrat hipotenusa dari satu segitiga siku-siku sebanding jumlahnya dengan jumlah kuadrat dari kaki-kakinya atau sisi siku-sikunya. Teori ini sudah pernah terdengar gaungnya jauh sebelum Phytagoras mengenal dan akhirnya membuktikan.

Seperti penemu dunia umumnya, siapa yang membuktikan sebuah teori dianggap sebagai penemu pertamanya. Inilah yang terjadi pada Phytagoras. Ia membuktikan secara sistematis teori tersebut, sehingga namanya diabadikan dalam teori matematika yang kemudian dipakai oleh seluruh dunia dari berbagai kalangan dan dalam berbagai macam bidang sampai sekarang.

Demikian sekilas informasi mengenai tokoh matematika Phytagoras. Nama tokoh matematika Phytagoras dan tanggal lahirnya mungkin masih menjadi misteri. Tapi, kontribusinya terhadap dunia matematika sungguh luar biasa.

Selanjutnya : Bahan Bakar Mobil APV Hemat dan Irit
Sebelumnya: Panduan Cara Belajar Menggambar Pemandangan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar