Nama Tokoh Pejuang Indonesia yang Melawan Belanda


Banyak nama tokoh pejuang Indonesia yang melawan Belanda. Mereka berasal dari seluruh nusantara. Tetapi lebih banyak lagi nama pejuang yang tidak dikenal namanya. Mereka yang dimakamkan di kuburan massal karena menjadi korban pembantaian. Misalnya pada peristiwa Mandor yang terjadi di Kalimantan Barat. Walaupun kata Belanda ada 1020 orang yang dimakamkan di sana, kata Jepang ada 1500 orang, menurut peneliti Indonesia, tidak kurang 21 ribu orang tewas saat itu.

Tidak Hanya di Kalimantan Barat

Untuk memperingati peristiwa pembantaian itu, pemerintah Kalimantan Barat menetapkan tanggal 28 Juni sebagai Hari Berkabung Daerah. Peringatan ini tidak seimbang dengan pengorbanan para pejuang itu. Tetapi paling tidak inilah rasa dan tanda penghargaan kepada para pahlawan tanpa nama itu.

Tidak hanya di Kalimantan Barat. Kuburan massal ini ada di beberapa daerah. Di Muara Enim, sebuah kota kecil di Sumatera Selatan, ada kuburan yang tidak bernama. Masyarakat lokal mengatakan bahwa itulah kuburan para pahlawan yang gugur saat perang melawan Belanda. Masih untung makam yang ada di Muara Enim itu tidak sebesar yang ada di Kalimantan Barat. Artinya jasad yang dimakamkan dalam satu lubang itu tidak banyak. Di Kalbar, nisan itu berukuran 21×7 meter. Tidak hanya satu buah. Ada 6 makam.

Bila beberapa tokoh yang melawan Belanda diberi gelar pahlawan nasional dan dimakamkan di taman makam pahlawan. Berbeda dengan para tokoh yang tidak diketahui namanya ini. Mereka dianggap sebagai pahlawan tak dikenal. Bagi mereka, gelar pahlawan itu mungkin tidak lagi menjadi sebuah arti. Yang terpenting adalah niat mereka berjuang demi kemerdekaan bangsa dan negara.

Tokoh Pemimpin

Para tokoh pejuang yang dikenang sebagai pahlawan nasional itu biasanya adalah pemimpin peperangan. Sebut saja, Teuku Umar dan istrinya Cut Nyak Dien dari Aceh, Sultan Mahmud Badaruddin II dari Palembang, Pattimura dari Maluku, dan masih banyak lagi.

Para tokoh agama yang tidak kalah sengit melawan Belanda, seperti Tuanku Imam Bonjol dari Sumbar, dan beberapa tokoh agama lain yang juga ikut berusaha merebut kemerdekaan RI. Kini masyarakat hanya bisa mendoakan semua nama tokoh pejuang Indonesia yang melawan Belanda itu. Semoga arwahnya tenang dan dilapangkan kuburnya.

Selanjutnya : Gosip Terbaru di Insert Investigasi
Sebelumnya: Rumus Cepat Mengerjakan Soal Fisika SMA
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar