Nama Tokoh Peristiwa Rengasdengklok


Masih ingatkah Anda siapa saja nama tokoh peristiwa Rengasdengklok? Mari kita lakukan kilas  balik untuk mengingat kembali peristiwa bersejarah tersebut.

Peristiwa Rengasdengklok merupakan peristiwa sejarah penting yang erat kaitannya dengan terjadinya peristiwa proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.

Tanpa adanya peristiwa Rengasdengklok pada 16 Agustus 1945 mungkin bangsa Indonesia kala itu tidak akan melakukan proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Peristiwa Rengasdengklok bermula dengan diamankannya Bung Karno dan Bung Hatta ke Rengasdengklok, Jawa Barat oleh golongan pemuda pada 16 Agustus 1945.

Alasannya untuk melakukan upaya pengamanan kedua tokoh proklamator tersebut sekaligus melakukan perundingan akibat terjadinya perbedaan pendapat antara golongan tua dan golongan muda mengenai keputusan memproklamasikan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Perbedaan pendapat terjadi karena golongan tua percaya kepada pihak Jepang bahwa kemerdekaan akan dihadiahkan kepada bangsa Indonesia sedangkan golongan muda ingin kemerdekaan yang bukan merupakan sebuah hadiah dari Jepang melainkan hasil jerih payah bangsa sendiri. Oleh karenanya, golongan muda mendesak agar segera diproklamirkan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.

Melalui perundingan antara kedua belah pihak, yakni golongan tua meliputi Soekarno, Hatta, dan Mr. Achmad Subarjo sedangkan golongan muda meliputi Subadio, Djohar Nur, A.M. Hanafie, Suroto Kunto, Darwis, Sidik Kertapati, Aidit, Chaerul Saleh, Wikana, dan Sukarni, akhirnya kesepakatan mengenai proklamasi kemerdekaan terjadi.

Keduanya berencana akan membacakan teks proklamasi pada 17 Agustus 1945 bertempat di lapangan Ikada namun karena mempertimbangkan faktor keamanan pada akhirnya dilakukan di Jl. Pegangsaan Timur No. 56 yang merupakan kediaman Bung Karno. Untuk penyusunan teks proklamasi akan dilaksanakan di rumah Laksamana Muda Maeda yang berada di Jl. Imam Bonjol No. 1, Jakarta.

Penyusunan teks proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia dilakukan oleh Seokarno, Hatta, dan Mr. Achmad Subarjo kemudian diketik oleh Sayuti Melik dengan disaksikan oleh B.M. Diah, Soekarni, dan Mbah Sudiro.

Pengetikan teks proklamasi dilakukan dengan menggunakan mesin ketik milik Dr. Herman Kandeler yang merupakan mayor angkatan laut Jerman.

Demikianlah kilas balik peristiwa sebelum terjadinya proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia beserta nama tokoh peristiwa Rengasdengklok yang merupakan tokoh yang amat berjasa bagi bangsa Indonesia.  Sudah sepatutnya kita menghargai jasa mereka, ingat bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya.

Selanjutnya : Kungfu Cara Gerakan Bela Diri Wing Chun
Sebelumnya: Pelayanan Pelanggan di XL Pondok Bambu
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar